Asisten Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Paser Ina Rosana melepas peserta Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-X tingkat Provinsi Kalimanatan Timur (Kaltim) di Pendopo Kabupaten, Selasa (16/7)

Peda KTNA ke-X tingkat Provinsi Kaltim akan diselenggarakan pada 20- 25 Juli mendatang.

Ina Rosana berharap kegiatan Peda KTNA  dapat menjadi ajang untuk bertukar informasi sehingga para petani dan nelayan dapat berinovasi  serta menerapkannya ketika kembali ke daerah.

"Kegiatan Peda KTNA bukan saja untuk meraih prestasi, namun yang lebih penting  sebagai ajang bertukar informasi. Oleh karena itu harus dapat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan, wawasan serta keterampilan bagi petani, nelayan dan penyuluh,” kata Ina Rosana.

Hal senada juga disampaikan Ketua KTNA Paser Abdul Sani, bahwa dalam kegiatan Peda ke X tahun 2019 , Kabupaten Paser mengirimkan kontingan sebanyak 85 orang terdiri dari petani, nelayan dan penyuluh.

Saat ini, kata dia, pihaknya telah mempersiapkan materi yang akan ditampilkan dalam pameran.

"Untuk kegiatan pameran  dan lomba sudah siap, tinggal pemantapan tugas masing-masing peserta,” kata Sani.

Ia optimis Kabupaten Paser bisa mempertahankan juara umum yang pernah diraih tiga tahun lalu.  Meski diakuinya ada kendala anggaran dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, yang penting setiap peserta kompak, bersemangat, optimis dan persiapan sudah dilakukan untuk tampil  bersaing dengan daerah lain dan mampu mempertahankan sebagai juara umum.

"Kekompakan, semangat dan optimis  menjadi kunci keberhasilan dalam mempertahankan juara,"kata Abdul Sani.

Sekadar diketahui sebelumnya pada  Peda KTNA  ke-IX tahun 2016  yang dilaksanakan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), kontingen Kabupaten Paser terpilih sebagai juara umum. (MC Kominfo Paser)

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019