Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Pelatih Persisam Putra Samarinda Daniel Roekito terus memberikan motivasi kepada para pemainnya agar semangat tempur mereka tetap menyala meskipun telah mengalami pil pahit di kandang sendiri oleh tamunya, Persela Lamongan 1-0.

"Kini yang saya khawatirkan adalah mental anak-anak akan jatuh pascapertandingan dua hari lalu di Samarinda, makanya saya perlu memberikan semangat lagi pada mereka," kata Daniel Roekito di Samarinda, Selasa (7/2).

Ia menilai bahwa pemain Persisam Putra Samarinda memang sulit menerima kekalahan itu karena tampil luar biasa namun justru menerima pil pahit.

"Kami kalah bukan karena bermain buruk namun karena keberuntungan belum berpihak kepada kami," ujar dia.

Langkah awal untuk membangkitkan semangat pemain, dikatakan Daniel dirinya bakal melakukan komunikasi satu persatu kepada pemainnya, sembari mencarikan program latihan yang sifatnya santai dan penuh nuansa kebersamaan.

"Motivasi para pemain perlu dibangkitkan lagi, tidak perlu dengan program latihan yang keras, tapi hasilnya bisa masuk dalam segala aspek," jelas Daniel.

Diakuai Daniel bahwa pada awal kompetisi timnya begitu solid bahkan Persisam sempat menjadi pimpinan klasemen pada penutup tahun 2011, namun pada laga berikutnya timnya tampil kurang stabil dalam melakoni pertandingan tandang maupun kandang.

"Inilah yang menjadikan rentetan hasil kurang memuaskan tim sampai dengan saat ini, mudah-mudahan kami bisa keluar dari berbagai tekanan dan tim kita bisa bangkit lagi," jelas Daniel.

Dua kali tim Pesut Mahakam itu runtuh di laga kandang ketika menghadapi Pelita Jaya takluk 4-1 dan Persela 1-0.

"Kami kalah melawan Pelita, karena selain kesalahan yang kami buat sendiri, para pemain juga tampil di bawah "form", tapi untuk Persela hampir semua pemain tidak ada celah kesalahan, mereka tampil bagus dan luar biasa, tapi sayangnya hasilnya tidak luar biasa," katanya.

Sementara pada laga tandang, M Robby dkk baru mencuri empat angka, yakni menang melawan PSAP Sigli 1-0 dan hasil seri 1-1 melawan Gresik United.

"Yang pasti masih banyak pertandingan yang bakal kami lakoni, dan artinya kesempatan untuk berbenah masih ada, tinggal dari motivasi para pemain saja kuncinya,"tegas Daniel bersemangat.  (*)


Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012