Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar tahapan lomba desa/kampung dan kelurahan se-Kaltim.
 

Pelaksanaan lomba tersebut diawali dengan penerimaan berkas dan video visualisasi perwakilan kabupaten dan kota se-Kaltim.

"Ini rangkaian tahap pertama berupa seleksi administrasi. Kelengkapan administrasi perlombaan yang merupakan syarat wajib lomba,” ujar Kepala DPMPD Kaltim Jauhar Effendi di Samarinda, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa tahapan penerimaan berkas administrasi dan video visualisasi pada 17-19 Juni 2019.

"Penerimaan berkas administasi dan video visualisi ini selanjutnya dinilai oleh tim penilai dan akan diumumkan pada 24 Juni 2019 untuk menetapkan desa/kampung dan kelurahan yang masuk tiga besar atau tahap kedua lomba," kata Jauhar.

Berkas yang dinilai di antaranya data berupa evaluasi tingkat perkembangan desa/kampung dan kelurahan pada 2017 dan 2018, profil desa/kampung dan kelurahan 2017 dan 2018, serta instrumen pengungkap data dan nilai perkembangan desa/kampung dan kelurahan.

Sebelum penyerahan berkas dan video visualisasi, DPMPD sudah mengedarkan Surat Gubernur Kaltim terkait dengan informasi pelaksanaan lomba tersebut kepada bupati dan wali kota se-Kaltim.

Ia menjelaskan isi surat tersebut mengajak kabupaten/kota berpartisipasi dalam lomba dengan mengirim perwakilan yang terbaik di tingkat kabupaten dan kota.

Tahapan selanjutnya, mereka yang sudah ditetapkan masuk tiga besar akan mengikuti tahapan ketiga, yakni pemaparan yang akan dilaksanakan pada 2 Juli 2019 untuk desa/kampung dan 3 Juli 2019 untuk kelurahan.

"Ketentuannya kepala desa/kampung dan lurah bertindak sebagai presenter dan tidak boleh diwakilkan. Hanya boleh didampingi DPMPD atau OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lain yang membidangi urusan penyelenggaraan perlombaan desa/kampung dan kelurahan 2019,” katanya.

Para peserta wajib menghadirkan unsur camat, ketua TP-PKK desa/kampung dan kelurahan, ketua LPM, ketua BPD, dan perwakilan CSR.

"Tahapan keempat pengumuman juara. Rencananya dilaksanakan 8 Juli 2019,” katanya.

Penghargaan kepada pemenang lomba akan diserahkan pada puncak peringatan HUT Pemprov Kaltim, 9 Januari 2020, bersamaan dengan penyerahan berbagai penghargaan lomba tingkat Provinsi Kaltim lingkup OPD lain se-Kaltim. 
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019