Samarinda (ANTARA News Kaltim) - PSSI Pusat menunjuk Viktor Yuan sebagai "caretaker" Pengprov PSSI Kaltim periode 2009-2013 setelah membekukan kepengurusan lama di bawah Ketua Umum Achmad Amins.

Victor yang merupakan pengurus Pengcab PSSI di Bontang dan sempat menjabat sebagai Ketua Umum Klub Samarinda FC itu ditunjuk sebagai caretaker, dalam surat PSSI nomor : SKEP/18/JAH/I/2012 tanggal 28 Januari 2012.

"Ini amanah dari Ketum PSSI. Kalau ada yang pro dan kontra itu resiko. Tapi pasti bisa berjalan. Jangan yang menghambat, karena ini sudah ada surat pemberitahuan untuk pengurus cabang di kabupaten/kota," terang Viktor Yuan di Samarinda, Minggu.

Victor mengatakan surat yang ditandatangani Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin menyebutkan beberapa alasan pertimbangan menunjuk dia sebagai caretaker pengurus PSSI Kaltim.

Antara lain, diperlukan tindakan disiplin, menghindari konflik kepentingan yang dapat mengakibatkan kegiatan organisasi Pengprov PSSI Kaltim tidak berjalan dengan baik dan mengganggu program persepakbolaan nasional.

Atas dasar itu, pengurus PSSI memandang perlu untuk menuangkan dalam suatu surat keputusan tentang pembekuan pengurus PSSI Kaltim dan penunjukan caretaker Pengprov PSSI Kaltim.

"Sebagai caretaker, tugas dan tanggungjawab saya adalah melaksanakan tugas sehari-hari sesuai dengan pedoman dasar pengprov, terutama mengorganisir pelaksanaan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Pengprov PSSI Kaltim. Paling lambat, Musdalub digelar tanggal 27 Juli 2012," terang Victor.

Caretaker juga diberi kewenangan untuk menunjuk personil untuk duduk dalam kepanitiaan sesuai kebutuhan.

Namun sebelum menetapkan agenda Musdalub, Viktor telah mempersiapkan kegiatan untuk roadshow ke beberapa pengurus cabang PSSI di kabupaten/kota.

"Untuk menggelar Musdalub, kita akan konsolidasi dengan pengcab kabupaten/kota. Kalau dalam satu bulan, hasil konsolidasi sudah clear, kita bisa langsung gelar musdalub. Lebih cepat lebih bagus," terang Victor.

Rencananya, lanjut Viktor, dalam waktu dekat ia akan menjalankan tugasnya sebagai caretaker dengan roadshow ke beberapa pengcab kabupaten/kota, untuk melakukan konsolidasi sekaligus sosialisasi.

Menurut dia, yang perlu disosialisasikan adalah terkait mekanisme dan aturan atau statuta PSSI agar dapat dipahami oleh Pengcab Kabupaten/Kota di Kaltim. Disinggung, jika ada penolakan dari pengcab, Viktor mengatakan, menjadi sebuah resiko yang harus dijalankan. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012