Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kaltim optimistis Kabupaten Mahakam Ulu, mampu menjadi primadona subsektor perkebunan, tanaman pangan, dan lainnya.


"Saya optimistis ke depan Kabupaten Mahakam Ulu bisa menjadi primadona pertanian dalam arti luas karena bupatinya yang juga menjadi Ketua KTNA Mahulu, sangat serius ingin memajukan pertanian," ujar Ketua KTNA Provinsi Kaltim, Wisdiyanto di Laham, Mahulu, Sabtu, setelah melantik pengurus KTNA Mahulu yang dilanjutkan dengan sarasehan dan panen kakao perdana di perkebunan kampung setempat.

Wisdiyanto mengaku awalnya sempat berpikir Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh sebagai Ketua KTNA karena kesibukannya dikhawatirkan tidak memiliki waktu cukup untuk mengurus organisasi dan kemajuan pertanian.

"Namun ketika kami berbincang dan bertanya ke beliau tentang motivasi menjadi Ketua KTNA, ternyata beliau serius mengembangkan pertanian. Atas dasar ini, saya optimis kelak pertanian di Mahulu akan terus berkembang dan maju sehingga bisa menjadi primadona," ujarnya.

Rasa optimistis itu juga didasari adanya beberapa produk unggulan yang selama ini telah mampu menghidupi masyarakat, seperti kopi dan kakao. Bahkan kakao dari Mahulu saat ini sudah terkenal dan sebagian sudah ada yang dijual hingga ke luar negeri.

Selain itu, dalam pelantikan pengurus KTNA Mahulu kali ini juga dihadiri banyak kepala desa dan perwakilan dari 124 kelompok tani yang tersebar di lima kecamatan di Mahulu, sehingga hal ini semakin menambah keyakinannya dalam petumbuhan sektor pertanian ke depan.

Menurutnya, dalam pengembangan pertanian tidak mungkin bisa berjalan cepat tanpa adanya dukungan pemerintah, sehingga dengan dilantiknya Bonifasius sebagai Ketua KTNA, maka hal ini jadi klop karena kebijakan pemerintah daerah tentu akan berpihak pada petani.

"Mahulu merupakan anak bungsu di Provinsi Kaltim. Sebagai anak terakhir hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat enam tahun lalu, tentu masih perlu pembinaan terus menerus di berbagai hal, termasuk di sektor pertanian," katanya.

Setelah pelantikan ini, pihaknya juga akan melanjutkan agenda lain yang lebih besar, yakni persiapan Pekan Daerah (Peda) KTNA Kaltim yang akan dipusatkan di Kabupaten Berau pada Juni, dilanjutkan Pekan Nasional (Penas) KTNA di Padang pada Juli mendatang.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019