Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan kaum millennial atau kaum muda memiliki peran strategis dalam membantu menciptakan tata tertib berkendara sehingga mampu  menekan angka kecelakaan.
 

Hal itu dikatakannya ketika menghadiri acara puncak Gerakan Moral Millenial Road Safety Festival 2019 beberapa waktu lalu.

Acara yang mengusung tema mewujudkan generasi millenial cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang itu dihadiri Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto, Pangdam IV Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Wali Kota Balikpapan Rizal Efendi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan sejumlah komonitas kendaraan bermotor.

Ia mengatakan, pihaknya sepakat dengan Pemerintah Provinsi Kaltim bahwa kaum millennial diperlukan dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta angkutan jalan guna mendorong dan menggerakkan seluruh aspek kehidupan masyarakat.

"Selain itu senantiasa berdaya guna sebagai sarana pengontrol prilaku masyarakat berlalu lintas di jalan,"sebutnya.
 

Logo- DPRD Kaltim (Dok Antaranews Kaltim)


Adapun tujuan dari kegiatan tersebut yakni terbangunnya budaya tertib lalu lintas khususnya di kalangan generasi millennial, terwujudnya program keselamatan secara terprogram dan berkesinambungan sesuai dengan perkembangan masyarakat serta perubahan yang ada sekarang dan di masa yang akan datang.

Selain itu, adanya peningkatan kualitas keselamatan di jalan dan menurunkan tingkat fatalitas korban lalu lintas sebagai pengontrol prilaku masyarakat berlalulintas di jalan, dan mendorong kearah perubahan sistem lalu lintas.

"Saya mengapresiasi acara ini karena dinilai mampu membentuk relawan lalu lintas millenial Indonesia sebagai gerakan nasional cinta bangsa dan mewujudkan tertib lalu lintas dan menjalin hubungan yang lebih dekat antara pihak kepolisian dengan masyarakat khususnya kaum millenial," tuturnya.

Oleh sebab itu dalam rangka mewujudkan visi dan misi dimaksud diperlukan kerjasama semua pihak sehingga diharapkan tujuan akhirnya yakni mengurangi angka kecelakaan lalu lintas bisa tercapai dengan maksimal.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019