Rustam Ependy Pj Kepala Desa Persiapan Tepian Budaya Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Sabtu (23/3) dikukuhkan Bupati Kutim H. Ismunandar.


Sebelum mengukuhkan Rustam, Ismunandar terlebih dahulu bersama para tokoh adat dan tokoh masyarakat mendirikan tiang pertama pembangunan Balai Adat Desa Tepian Budaya.

Dalam acara itu, hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kutim Suwandi, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kutim Roma Malau, Camat Bengalon Suharman dan serta jajaran pemerintah Kecamatan Bengalon.
Bupati Ismunandar bersama para tokoh adat dan tokoh masyarakat mendirikan tiang pertama pembangunan Balai Adat Desa Tepian Budaya. (Antaranews.com/Wak Hedir/Humas Kutim)
Usai mengukuhkan Rustam sebagai Pj Kades Tepian Budaya, Ismu mengatakan masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Tepian Langsat untuk mengurus surat menyurat.

Karena sudah ada Pj Kades Tepian Budaya, sekarang dengan berdiri sendiri, Tepian Budaya harus mengejar desa-desa lainnya.

Apalagi dengan adanya perusahaan-perusahan kelapa sawit di sekeliling, Dia berharap dapat membantu desa dalam pembangunan.

"Diamanahkan dengan nama Tepian Budaya, menjadi tanggung jawab kita bagaimana menjaga peninggalan leluhur, adat istiadat leluhur yang harus kita lestarikan turun temurun, jangan sampai hilang," pinta orang nomor satu di Pemkab Kutim itu.

Selain budaya yang harus dijaga dan dilestarikan, ada buah-buah langkah yang tumbuh di bumi Kalimantan harus dijaga, seperti yang masih terdapat di Tepian Budaya adalah buah isau (nama dayak yaitu sejenis buah kelengkeng).

Ismu mengatakan akan mengalokasikan lahan di wilayah Tepian Indah untuk ditanami buah-buah langka. (hms15)

Pewarta: Wardi Kutim

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019