Komando Distrik Militer atau Kodim 0913/Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menerjunkan tim kesehatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 membantu kegiatan pos pelayan terpadu lanjut usia di Desa Argomulyo, Kecamatan Sapaku.


"Peran aktif Satgas TMMD membantu kegiatan Posyandu bentuk kepedulian TNI terhadap kesehatan masyarakat, khususnya lansia," jelas Komandan Kodim atau Dandim 0913/Penajam Paser Utara Letkol Inf Mahmud.

Salah satu sasaran nonfisik pada TMMD ke-104, tim kesehatan Kodim 0913/Penajam Paser Utara bekerjasama Puskesmas Sepaku 3 memberikan pemeriksaan dan pengobatan gratis pada lansia (lanjut usia) di Posyandu Mawar Putih RT 16 Dusun V Desa Argomulyo.

Kegiatan Posyandu (pos pelayanan terpadu) diawali dengan melaksanakan senam lansia, kemudian dilanjutkan dengan berbagai pemeriksaan dan pemberian obat sesuai penyakit yang diderita lansia bersangkutan.

Tim kesehatan Kodim 0913/Penajam Paser Utara juga menjelaskan pentingnya menjaga pola makan, sebab diusia lanjut rentan tumbuhnya penyakit, serta harus sering menggerakan badan walau hanya berjalan kaki.

Kegiatan Posyandu tersebut menurut Letkol Inf Mahmud, sangat penting untuk dilaksanakan di wilayah, sehingga memudahkan masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara cepat dan mudah dijangkau dari tempat tinggal masing-masing.

"Kami apresiasi Satuan Tugas atau Satgas TMMD yang turut hadir dan membantu dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu lansia," kata Yuyun salah satu perawat Puskesmas Sepaku 3.

Kehadiran prajurit TNI dalam TMMD Kodim Penajam Paser Utara lanjut ia, dapat memberikan motivasi dan teladan bagi masyarakat, khususnya lansia agar selalu memeriksakan kesehatan.

"Kami berterima kasih dengan keberadan tim kesehatan TMMD sangat membantu memberikan pelayanan kesehatan," ucap Yuyun.  

Sementara sejumlah warga yang berhasil ditemui mengatakan, kehadiran TMMD di desa mereka, dirasakan sangat membantu masyarakat. Selain membangun dan rehabilitasi fasilitas umum, TNI juga peduli dengan kesehatan masyarakat desa.

TMMD Reguler 104 Kodim 0913/Penajam Paser Utara tidak saja melaksanakan kegiatan fisik, tetapi juga mengerahkan prajurit TNI untuk memberikan pelayanan kesehatan dan penyuluhan kepada masyarakat sebagai program non fisik.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019