Penajam (Antaranews Kaltim) - Pelantikan pengurus periode 2018-2022 dan Rapat Kerja Nasional atau Rakernas Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) yang akan  digelar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo.

"Pelantikan pengurus dan Rekernas pertama Aspeksindo akan diselenggarakan pada 21-23 Maret 2019 di Kota Balikpapan," kata Ketua Umum Aspeksindo yang juga Bupati Penajam Paser Utara AbduL Gafur Mas'ud ketika ditemui di Penajam, Senin.

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud terpilih sebagai Ketua Umum Aspeksindo pada Musyawarah Nasional I, yang digelar di Jakarta pada awal Oktober 2018.

Rekernas pertama Aspeksindo menurut bupati, akan membahas pembangunan wilayah kepulauan dan pesisir, serta membentuk wadah untuk menghimpun seluruh sumber daya yang ada di Indonesia.

 Aspeksindo tegas Abdul Gafur Mas'ud, wajib memperjuangkan terwujudnya kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir, untuk itu perlu penguatan kelembagaan agar semua terkoordinasi antara kebijakan nasional dan daerah.
    
"Di Indonesia 79 persen merupakan wilayah laut dan hanya 21 persen wilayah daratan, pesisir serta laut adalah kekayaan. Tujuan Aspeksindo menyatukan serta memperjuangakn pembangunan wilayah kepulauan dan pesisir," jelasnya.

"Indonsia merupakan negara yang punya kekuatan besar di bidang maritim, Aspeksindo sebagai wadah mengabdikan diri kepada masyarakat pesisir membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI khususnya wilayah pesisir," ujar Abdul Gafur Mas'ud.

Ia menegaskan kebijakan pembangunan di daerah pesisir dan kepulauan harus senentiasa bertumpu pada upaya memajukan wilayah pesisir dan kepulauan agar masyarakat menjadi sejahtera.

"Pelantikan dan Rekernas pertama Aspeksindo dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo," ungkap Direktur Eksekutif Aspeksindo Andi Fajar Asti ketika dihubungi terpisah.
    
Selain Presiden Jokowi katanya, akan hadir pula Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan Susi Puji Astuti, serta menteri lainnya pada pengukuhan pengurus dan Rekernas pertama Aspeksindo tersebut.

Lanjut Andi Fajar , pengukuhan pengurus periode 2018-2022 dan Rekernas pertama Aspeksindo dirangkai dengan kegiatan Expo Maritim bertema "Satu Laut Sejuta Manfaat"  itu juga akan dihadiri lebih kurang 150 kepala daerah berbasis kepulauan dan pesisir dari seluruh Indonesia. (*)
 

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019