Bontang (ANTARA News Kaltim) - Jajaran Pemerintah Kota Bontang, Kalimantan Timur selama periode Januari-Nopember 2011 telah menanam 140 ribu pohon yang merupakan akumulasi penanaman pohon dari berbagai instansi dalam berbagai kegiatan.

"Hingga Nopember 2011 Pemkot Bontang telah menanam 140 ribu  pohon sebagai akumulasi penanaman pohon selama setahun ini sejak Januari hingga Nopember 2011," kata Kepala Dinas  Perikanan Kelautan dan Pertanian (DPKP), Aji Erlynawati,di Bontang, Kamis.

Lokasi penanaman Kantor Camat Bontang Utara, Kelurahan Tanjung Laut Indah, Bontang Kuala, Berbas Pantai, Perumahan Griya Wisata, Desa Salan Tuko, Danau Flores Telihan, Kanaan, Lapangan Bessai Berinta, Rumah Potong Hewan Telihan, Saleba, Ruang Terbuka Hijau Bontang Lestari, Lapangan Tembak Polres Bontang, Gunung Elai, Kantor Walikota.

Pelaksana penanaman pohon antara lain kecamatan, kelompok tani, mahasiswa, PKK, Gabungan Organisasi Wanita, Dinas Perikanan Kelautan dan Pertanian, Gerakan Pemuda Asli, Yayasan Nadia Sholihah, Bhayangkari Polres Bontang, Persatuan Baket Seluruh Indonesia, Partai Demokrat, PT PKT, Dissosnaker, Gereja Pemuda dan Gereja Imanuel.

Bisa jadi pohon yang telah ditanam diatas data yang tercatat, karena mereka belum melapor.  Bagi yang telah memberikan data maka semua tercatat mulai tanggal penanaman, lokasi penanaman, luas (ha), jenis tanaman, koordinat, jumlah tanaman dan keterangan pelaksana.

Dia katakan sebagai puncak Hari Menanam Pohon tanggal 28 Nopember lalu telah dilakukan penanaman pohon melibatkan berbagai unsur yakni pemerintah kota, instansi vertikal, sekolah, perusahaan dengan penanaman di Kelurahan Tanjung Laut Indah.

"Sesuai peraturan presiden bahwa minimal satu jiwa menanam satu pohon, dengan data penduduk Bontang versi BPS 140 ribu jiwa maka untuk tahun 2011 ini ditargetkan menanam 150 ribu pohon, dengan demikian dari total target saat ini Bontang telah menanam 93, 3 persen," ujar Erlynawati.

Dilaporkan DPKP dalam hal ini mengacu pada data penduduk BPS, karena jika mengacu data base kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil saat ini penduduk Kota Bontang berjumlah 179.000.  Sesuai acuan rujukan data nasional maka DPKP memakai data penduduk versi BPS.

Dia sampaikan pula kekurangan 10 ribu pohon dalam Desember ini akan dilanjutkan penanaman sehingga tercapai target 150 ribu pohon, terutama mangrove mengingat Bontang kota pesisir dengan luasan lautan mencapai 70 persen (349,77 km2) dari total 497,57 km2.(*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011