Penajam,  (Antaranews Kaltim) - Satu unit rumah bermaterial kayu milik Bedu (77 tahun) warga RT 02 Kelurahan Gunung Steleng, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, ludes dilalap api pada peristiwa kebakaran yang terjadi Kamis siang.
    

Asnah yang ditemui di lokasi kebarakan mengungkapkan, pertama kali api terlihat berasal dari kamar belakang rumah milik Bedu, sekitar pukul 11.00 Wita.
    
"Saya tidak tahu penyebabnya tiba-tiba api langsung membesar dan melahap rumah, sumber api dari kamar belakang rumah," ujarnya.
    
Kobaran api dengan cepat membesar dari dalam dan menghanguskan seluruh bangunan rumah yang terbuat dari bahan kayu itu.
    
Tiga orang yang pada saat kejadian kebakaran sedang berada di dalam rumah sontak langsung berlarian menyelamat diri.
    
Tidak ada harta benda yang berhasil diselamatkan, sebab kobaran api dengan cepat menyambar ke seluruh bagian rumah milik Bedu tersebut.
    
Sedikitnya dua unit mobil kebakaran dikerahkan dan berupaya menaklukkan si "jago merah". kurang lebih satu jam atau tepatnya pukul 12.00 Wita api berhasil dipadamkan.
    
Kobaran api baru bisa dipadamkan petugas kebakaran setelah bangunan rumah tersebut sudah mulai habis terbakar.
    
"Rumah yang terbuat dari kayu milik warga Bernama Bedu itu, hampir rata dengan tanah," jelas Kepala Sub Bagian Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Nurlaila.
    
"Dugaan sementara api berasal dari korsleting atau arus pendek listrik dari dalam rumah milik Bedu" tambahnya.
    
Pihak kepolisian juga belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut, karena masih akan melakukan penyelidikan dan memanggil saksi untuk memastikan penyebab kebakaran.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019