Samarinda, (Antaranews Kaltim) - Presiden RI Joko Widodo menyerahkan secara simbolis sertiifikat tanah bagi warga Kalimantan Timur ( Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) pada acara yang digelar oleh Badan Pertanahan Nasional ( BPN) di halaman Parkir Stadion Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis.


Presiden Jokowi memanggil sejumlah perwakilan warga yang telah mendapat sertifikat tanah tersebut, dan berharap sertifikat yang telah dimiliki oleh warga bisa dimanfaatkan dengan sebaik- baiknya.

"Kalau sudah ada sertifikat ini silakan untuk digunakan dengan baik, seperti anggunan usaha untuk modal namun harus juga dipertimbangkan apakah warga punya kemampuan untuk membayar cicilannya, jangan sampai tidak ada kemampuan membayar namun sertifikat dijadikan anggunan, " pesan Jokowi kepada warga yang hadir dalam acara tersebut.

Persoalan terkait serifikat dirasakan hampir oleh semua masyarakat Indonesia, sehingga di era pemerintahnya dibuatkan program Reforma Agraria untuk mempermudah kepengurusan sertifikat tanah.

"Banyak keluhan warga terkait persoalan tanah ini, mulai dari sengketa antar keluarga, sengketa dengan orang lain, dan juga sengketa dengan pemerintah, melalui pogram ini kami berharap persoalan tersebut perlahan bisa teratasi," papar Jokowi.

Pada kesempatan itu Jokowi meminta warga yang telah mendapatkan sertifikat untuk mengangkat surat tanahnya sehinga dia dapat menghitung satu persatu.

"Coba semua yang mendapat sertifikat di angkat, satu, dua, tiga, empat, dua puluh enam, pas sampai 5083 sesuai dengan data yang disampaikan oleh Badan Pertanahan, " kata Jokowi disambut tepuk tangan riuh para warga.

 Jokowi mengatakan bahwa target secara nasional pembagian sertifikat tanah di tahun 2018 ini adalah 7 juta sertifikat, dan dia berharap Badan Pertanahan Nasional bisa merealisasikan target tersebut.

"Harus kita akui memang dilapangan banyak sekali kendala yang dihadapi, namun ini adalah tantangan yang harus bisa diwujudkan," kata Jokowi.

 Agenda penyerahan sertifikat tanah, merupakan rangkaian acara ketiga atau yang terakhir dalam kunjungan Jokowi ke Samarinda.

 Sebelumnya, Jokowi telah meresmikan Bandara APT Pranoto dan Bandara Maratua, di Bandara APT Pranoto Samarinda.

 Jokowi juga membuka acara Muktamar Ikatan Dokter Indonesia ( IDI) XXX dan Ikatan Istri Dokter Indonesia XXI di Gedung Convention Hall Samarinda.

 Usai menyerahkan sertifikat tanah, Jokowi dijadwalkan kembali ke Jakarta, melalui penerbangan di Bandara APT Pranoto Samarinda.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018