Ujoh Bilang, (Antaranews Kaltim) - Prajurit TNI yang tergabung dalam Korem 091/ASN (Aji Surya Natakesuma) Samarinda, Kalimantan Timur, mengemban misi kemanusiaan ke kawasan pedalaman yakni di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).


"Misi kemanusiaan yang kami emban saat ini antara lain khitan massal, pengobatan massal, dan bakti sosial yang dilakukan pada Kamis (25/10) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke- 73," ujar PGS Pasi Bhakti Stafter Korem 091/ASN, Letnan Satu Infanteri Imam Nawawi di Ujoh Bilang.

Dalam misi ini, pihaknya menyiapkan sekitar 60 personel Korem 091/ASN, sehingga masing-masing personel sudah dibagi tugas dalam kegiatan ini, seperti dokter dan tenaga medis militer yang bertugas melayani khitan dan pengobatan massal, sedangkan prajurit lainnya juga mendapat tugas masing-masing.

Seperti ada prajurit yang menyiapkan air bersih karena pihaknya membawa mesin penjernih air dan membawa enam unit tendon aluminium. Tandon tersebut diletakkan di sejumlah titik rumah warga dan titik kerumunan warga, karena dalam bakti sosial ini juga bertepatan dengan Festival Hudoq sehingga ada ribuan warga.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga akan membagikan  berbagai jenis bahan kebutuhan pokok yang totalnya sebanyak 10 ton yang dibagi menjadi 2.500 paket, sehingga paket tersebut dibagikan kepada 2.500 penduduk yang tersebar di Kecamatan Long Bagun.

Untuk mendata warga mana saja yang layak mendapat bantuan bahan kebutuhan pokok, lanjutnya, teknisnya diserahkan kepada Koramil Long Bagun karena personel mereka yang lebih mengetahui kondisi wilayah.

Namun yang pasti, sebanyak 2.500 paket bahan pokok tersebut akan diserahkan kepada warga yang tersebar di empat kampung, yakni Kampung Ujoh Bilang, Batu Majang, Long Bagun Ulu, Long Bagun Ilir, dan Kampung Batoq Kelo.

“Selain pengobatan massal dan khitan massal, dalam bakti sosial ini juga akan dilakukan donor darah yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Mahulu, pemeriksaan gigi bagi warga yang memiliki masalah dengan gigi, pengobatan umum, pemasangan implan (alat kontrasepsi), dan imunisasi,” ucapnya.

Kedatangan 60 personel ini mencarter kapal kayu KM Berkat Usaha dengan memakan waktu selama dua hari dua malam perjalanan dari Samarinda, kemudian tiba di Ujoh Bilang pada Selasa pagi (23/10).

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018