Samarinda (Antaranews Kaltim) - Sebanyak 145 atlet bersaing pada turnamen terbuka anggar 2018 yang berlangsung pada 15-20 Oktober 2018 di GOR Bulutangkis, Kompleks GOR Madya Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur.

Ketua Pengprov Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Kaltim Muslimin kepada wartawan di Samarinda, Kamis, mengatakan para peserta bukan hanya berasal dari Pengcab Ikasi kabupaten/kota di Kaltim, namun juga dari Provinsi lain.

Bahkan, menurut Muslimin, sejumlah atlet yang tergabung dalam timnas Asian Games 2018, yakni Gaby Novita, Anis Rohidatul juga berpartisipasi sebagai peserta. 

"Kami bersyukur dan apresiasi karena atlet sangat antusias. Kejuaraan anggar ini diikuti 145 atlet dari enam kabupaten/kota di Kaltim, yaitu Samarinda, Bontang, Kukar PPU, Berau, dan Balikpapan. Sedangkan Provinsi lain yang ambil bagian adalah Banten, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara," ujar Muslimin.

Kejuaraan dengan hadiah sebesar Rp70 juta itu mempertandingkan nomor degen, sabel dan floret, untuk kategori Junior, Kadet dan Pra- kadet memperebutkan Piala Gubernur Kaltim, sedangkan kategori kadet, memperebutkan Piala Wali Kota Samarinda," ujarnya.

Ia berharap atlet Kaltim bisa tampil maksimal dalam kejuaraan tersebut, karena Pengprov Ikasi akan menjadikan turnamen ini sebagai tolok ukur evaluasi pembinaan di kabupaten/kota sekaligus seleksi guna menyiapkan atlet di Kejurnas Jakarta, November mendatang.

"Turnamen ini jadi ajang seleksi dalam rangka persiapan kejurnas 1-7 November. Kami berharap atlet Kaltim bisa memanfaatkan even ini untuk menunjukkan kemampuannya. Tim kami akan memantau atlet-atlet terbaik," ucapnya.

Batasan usia pada open turnamen ini, yaitu Pra-Kadet 14 tahun ke bawah, Kadet 14-17 tahun, dan untuk junior usia 17-20 tahun. 

Kejuaraan yang dimulai sejak Selasa (16/10)itu, untuk sementara tim dari Kota Samarinda berhasil memimpin perolehan medali dengan raihan 3 medali emas. (*)

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018