Penajam, (Antaranews Kaltim) - Sebanyak 1.908 orang dari 2.126 pendaftar calon pegawai negeri sipil melalui sistem dalam jaringan atau online menyerahkan berkas ke Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
    

"Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 untuk formasi setempat resmi ditutup 15 Oktober 2018," kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidkkan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara Surodal Santoso.
    
Pendaftaran online CPNS 2018 melalui sscn.bkn.go.id portal resmi Badan Kepegawaian Negara ditutup Senin (15/10) sekitar pukul 22.35, dan jumlah pelamar CPNS Kabupaten Penajam Paser Utara hingga kini tercatat sebanyak 2.126 orang.
    
Jumlah pendaftar CPNS tersebut jauh melebihi kuota sesuai kebutuhan Kabupaten Penajam Paser Utara atau yang disetujui pemerintah pusat yang hanya 160 formasi.
    
Surodal Santoso merincikan, dari 2.126 pelamar yang mendaftarkan diri secara online itu masing-masing 1.150 pelamar tenaga guru, 307 tenaga kesehatan dan 451 tenaga teknis.

Sedangkan kuota CPNS 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara hanya 160 formasi terdiri atasi 107 formasi tenaga pendidik atau guru, 27 tenaga kesehatan dan 26 formasi untuk tenaga teknis.
    
Sampai saat ini sebanyak 1.908 pelamar yang menyetorkan berkasnya ke Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara, masih terdapat 218 pencaftar CPNS yang belum menyetorkan berkasnya, baik melalui Kontor Pos Indonesia maupun jasa pengiriman resmi lainnya.
    
Tim Verifikator CPNS 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara masih terus memeriksa kelengkapan berkas pelamar yang telah masuk ke Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan setempat.
    
Sedikitnya 17 pendaftar CPNS telah dinyatakan gugur pada tahap awal karena tidak memenuhi syarat, di antaranya karena permasalahan perguruan tinggi yang belum terakreditasi, persoalan ijazah serta salah informasi atau jurusan tidak sesuai pendidikan.
    
Kendati dinyatakan lolos verifikasi tahap awal, sejumlah pelamar CPNS mengaku mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi tes yang menggunakan sistem  Computer Assisted Test (CAT).
    
"Saya harus melakukan persiapan untuk mengikuti tes CPNS setelah dinyatakan lolos tahap verifikasi berkas," ujar Anung pelamar CPNS 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara asal Kota Balikpapan.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018