Samarinda (Antaranews Kaltim) - Kontingen Kota Samarinda meraih gelar juara umum pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Kaltim XV/2018 yang telah ditutup di GOR Segiri Samarinda, Minggu.

Samarinda yang berstatus tuan rumah berhasi menunjukkan dominasinya dengan perolehan sebanyak 231 medali dengan rincian 86 medali emas, 74 perak dan 71 perunggu. 

Perolehan medali Samarinda jauh di atas Kutai Kartanegara yang mengoleksi 51 medali emas, 44 perak, dan 42 perunggu. Sedangkan di peringkat ketiga diraih Balikpapan dengan 39 emas, 44 perak, dan 48 perunggu. 

Wakil Ketua 1 Bidang Pertandingan Popprov, Muslimin usai acara penutupan? mengaku bangga dengan pencapaian atlet Samarinda dengan kesuksesannya? memenuhi target sebagai juara umum.

Menurutnya kesuksesan Samarinda menjadi juara umun Popprov menjadi bukti keseriusan pembinaan olahraga tingkat pelajar di ibu kota Kaltim itu.

"Samarinda berhasil memenuhi target. Kami sangat bangga, apalagi dominasi Samarinda sudah terlihat di beberapa cabor seperti catur, gulat, dan panahan. Kami berharap ini jadi motivasi untuk meningkatkan pembinaan atlet junior, pelajar agar semakin lebih baik lagi," ungkap Muslimin.

Sementara itu Ketua Harian Popprov 2018, Sugeng Chairuddin mengapresiasi kesuksesan Samarinda yang menjadi juara umum sekaligus sukses sebagai tuan rumah. 

"Bersyukur kita bisa sukses dalam tuan rumah, sukses prestasi dan sukses ekonomi kerakyatan. Harapan kami mereka atlet ini akan terus melakukan pembinaan. Selanjutnya ini modal kami untuk fokus ke cabor dan pengurus daerah masing-masing supaya dibina terus," ucap Sugeng. 

Sementara itu terkait bonus yang dijanjikan Pemkot Samarinda kepada atlet yang berjuang di Popprov, menurut Sugeng masih akan dibahas lebih lanjut. 

"Kami masih konsultasi dengan BPKP ( Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) kapan bonus diberikan," kata Sugeng. 

Popprov resmi ditutup oleh Pj Gubernur Kaltim Restuardy Daud dan Ketua Umum PB Popprov XV/2018 Syaharie Jaang di GOR Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu.

Selanjutnya Popprov VI edisi berikutnya akan diselenggarakan di Berau, 2020 mendatang. Hasil perolehan medali terakhir Popprov XV/2018:

Samarinda: 86 emas, 74 perak, 71 perunggu.

Kukar 51 emas, 44 perak, 42 perunggu

Balikpapan: 39 emas, 44 perak, 48 perunggu

Berau: 16 emas, 13 perak, 35 perunggu

Bontang: 12 emas, 30 perak, 39 perunggu

Kutim: 12 emas, 13 perak, 33 perunggu

Paser: 7 emas, 11 perk, 27 perunggu

Kubar: 4 emas, 7 perak, 20 perunggu

Mahulu: 2 emas, 1 perak, 6 perunggu

PPU: 0 emas, 2 perak, 1 perunggu.  (*)

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018