Tana Paser (Antaranews Kaltim)-Wakil Bupati Paser Mardikansyah membuka Musyawarah Besar (Mubes) ke-IV Lembaga Adat Paser, di Gedung Awa Mangkuruku, Senin (24/9).

"Musyawarah ini dapat menjadi momentum bersatu padunya Lembaga Adat Paser, terutama dalam berkontribusi membantu pembangunan  daerah,"harap Mardikansyah dalam sambutannya di Tanah Grogot.

Keberadaan lembaga adat  untuk mempersatukan , tidak tercerai berai dan musyawarah ini dijadikan sebagai momentum  mempererat tali persaudaraan , hilangkan perselisihan yang ada.

Dia  berharap kepada pengurus lembaga adat  Paser  dapat menyelesaikan perselesihan dan membantu pemerintah daerah dalam program pembangunan.

"Dari dulu terjadi perselisihan, mudahan dengan adanya musyawarah besar ini  dapat  diselesaikan dengan baik, dan peran lembaga adat memberikan  berkontribusi  terhadap  pembangunan daerah, karena  kalau bukan kita siapa lagi,"ujar Mardikansyah.

Ketua DPRD Paser Kaharudin yang turut hadir  mengingatkan kepada Lembaga Adat Paser  untuk dapat bersinergi dengan DPRD dan Pemda setempat, terutama dalam melestarikan budaya Paser.

"Harapan besar  dengan adanya  musyawarah ini  bisa bersinergi dengan pemerintah, membangun Paser sebaik mungkin. Bantu melestarikan bahasa daerah, rumah adat, bangunan adat, cari ciri khas Paser bahkan kalau  perlu lembaga adat ikut mendesain rumah adat,"kata Kaharudin.

Sementara Ketua Lembaga Adat Paser  petahana Sudirman mengaku siap untuk melanjutkan program jika terpilih kembali menjadi ketua LAP periode berikutnya.

"Saya siap melanjutkan program jika dipercaya dipilih kembali menjadi ketua LAP.  Kami  sebagai  orang asli  daerah tentu menjaga kelestarian budaya, tari-tarian dan adat istiadat daerah Paser," ujar Sudirman.

Kegiatan Musyawarah Besar ke-IV  Lembaga Adat Paser  diikuti pengurus Dewan Pimpinan Pusat ,  LAP Paser, koordinator wilayah (Korwil) Penajam Paser Utara  (PPU) dan Kota Balikpapan. Kegiatan  berlangsung selama dua hari (24-25) dirangkai dengan  pemilihan Ketua LAP yang baru periode 2018-2023.(*/kominfo Paser)

 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018