Penajam (Antaranews Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (21/9) malam, akan menggelar syukuran pelantikan pasangan Abdul Gafur Mas`ud dan Hamdam sebagai bupati dan wakil bupati terpilih periode 2018-2023.

"Malam syukuran itu, sebagai bentuk terima kasih pimpinan daerah atas pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang digelar pada 27 Juni 2018 berjalan lancar dan damai," jelas Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar di Penajam, Kamis.

Acara malam syukuran pelantikan kepala daerah terpilih tersebut menurut dia, sesuai rencana akan menghadirkan Ustadz Abdul Somad dan Pasha (vokalis Grup Band Ungu).

Malam syukuran bupati dan wakil bupati terpilih itu digelar di halaman Kantor Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, sehingga seluruh masyarakat dapat hadir.

Sebelum acara malam syukuran, DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara terlabih dahulu menggelar Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda serah terima jabatan pada Jumat (21/9) pagi.

Untuk kegiatan pasca pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih tersebut lanjut Tohar, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan 1.500 kursi untuk tamu undangan.

Pasangan Abdul Gafur Mas`ud dan Hamdam resmi menjabat Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara periode 2018-2023 setelah dilantik Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak di Pendopo Lamin Etam, Samarinda, Rabu (19/9) malam.

Semula pelantikan kepala daerah itu dijadwalkan pada Kamis (20/9), namun dimajukan sehari lebih cepat karena Gubernur Awang Faroek Ishak harus mengakhiri masa jabatan periode keduanya lebih cepat dari semestinya pada 18 Desember 2018, karena mendaftar sebagai calon legislatif DPR RI untuk Pemilu 2019 yang penetapan DCT (daftar caleg tetap) pada 20 September 2018.

Sementara Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri penetapan Bupati dan Wakil Bupati (wabup) Penajam Paser Utara baru diterima Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (18/9) malam.

Pasangan nomor urut tiga pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara 2018 tersebut dilantik menjadi bupati dan wakil bupati dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.64-6150 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara.

Pasangan Abdul Gafur Mas`ud-Hamdam terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara setelah memperoleh 37.445 suara pada pemilihan kepala daerah serentak 2018, mengungguli dua pasangan lainnya, yakni Andi Harahap-Fadly Imawan yang memperoleh 31.860 suara dan Mustaqim MZ-Sofyan Nur dengan 13.202 suara. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018