Balikpapan (Antaranews Kaltim) - Persiba Balikpapan menjauh dari zona degradasi setelah mengalahkan Persigo Semeru FC 0-2 di kandangnya Minggu 9/9 kemarin.

Persiba naik ke posisi 8 klasemen sementara Liga 2 Wilayah Timur, menggeser PSBS Biak, dengan torehan 17 poin.

"Anak-anak bekerja keras, dan itu hasilnya,"kata Pelatih Hariyadi, Senin, tentang pertandingan hari Minggu tersebut.

Para pemain Persiba juga bisa bermain tenang meski terus menerus ditekan lawan sepanjang pertandingan. 

"Tentu saja, mereka main di kandangnya dan juga berjuang untuk meraih poin. Tapi kita bisa cetak 1 gol dan berhasil membuat lawan membuat kesalahan sendiri sehingga bisa unggul 0-2," papar pelatih yang sebelumnya berpengalaman menjadi asisten pelatih-pelatih top itu.  Aksi curi poin penuh Persiba berhasil berkat gol Beni Oktovianto di menit ke-37 dan gol Rosi Noprihanis di menit ke-50?walaupun dari sejumlah laporan gol tersebut adalah bunuh diri bek Persigo Slamet Sampurno.

Persiba termotivasi oleh kegagalan meraih poin di pertandingan sebelumnya saat lawan Blitar FC. Hal itu ?membuat Frengky Turnando dan kawan-kawan habis-habisan di Lumajang. Mereka tidak ingin pulang dengan tangan hampa. Pelatih Haryadi pun menginstruksikan untuk menyerang. Formasi khas total football 4-3-3 pun diusung pelatih asal Diklat Sepakbola Salatiga itu.

Walaupun demikian, baru di menit ke-37 Persiba mampu membongkar pertahanan Persigo dan mengoyak gawang Guntur Egi Saputro. Setelah mendapat umpan pendek dari lini kedua, Beni menggiring bola masuk kotak penalti dan segera melepaskan tembakan. Guntur Egi pun tak kuasa menahan bola, 0-1 untuk tim tamu.  Persiba tidak kasih kendor. Sisa waktu pertandingan babak pertama tetap digunakan untuk memainkan penguasaan bola untuk menghilangkan peluang lawan menyerang balik. 

Masuk babak kedua, Persiba terus merangsek. Di menit ke-50, Rossi Noprihanis mengobrak-abrik pertahan Persigo dan berhasil memaksa lawan membuat kesalahan.

Karena tekanan itu, terlihat kapten Tim Persigo Slamet Sampurno tak bisa menguasai bola dan malah masuk ke gawang sendiri.

Kemenangan ini membuat jarak antara Persiba dengan Persigo di klasemen sementara bertambah menjadi 4 poin dan menjauhkan Beruang Madu dari zona degradasi. (*)

 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018