Balikpapan (Antaranews Kaltim) - Ribuan warga Balikpapan meramaikan acara jalan sehat dan bazar kuliner di Lapangan Merdeka, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (18/8).

Acara ini persembahan PT Jasa Marga dan PT Adhi Karya, dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Indonesia dan BUMN Hadir untuk Negeri.

"Lumayan juga naik turun bukit di sini," kata Kepala Biro Humas Kementerian BUMN Wahyu Wibowo yang ikut jalan sehat bersama dengan Wali Kota Rizal Effendi dan Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani.

Dari Jalan Jenderal Sudirman panitia membuat rute naik ke Gunung Dubbs mengikuti Jalan Sport, dan meyusuri jalan-jalan di Komplek Pertamina, baru turun kembali ke pantai lewat Melawai dan kembali ke Lapangan Merdeka.

Sebelumnya para peserta diajak senam pagi dengan iringan lagu-lagu yang sedang populer untuk berjoget.

Usai jalan sehat, para peserta disilakan mencicipi sejumlah menu dari stand-stand kuliner yang mengelilingi panggung acara. Menu itu gratis. Peserta tinggal menukarkannya dengan kupon yang sudah dibagikan panitia.

Tahun ini Jasa Marga dan Adhi Karya mendapat tugas menyelenggarakan BHUN di Balikpapan. Selain jalan sehat hari ini, juga ada Siswa Mengenal Nusantara, yaitu pertukaran pelajar Kalimantan Timur dengan Bali. Ada upacara 17 Agustus dan menanam pohon langka, kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani.

Menanam bibit pohon langka dilakukan di arboretum Kebun Raya Balikpapan. Pohon langka yang ditanam adalah asam kemanjing, manggis hutan, jambu, dan rukam. Bibitnya diperoleh di hutan di kawasan Labanan, Berau.

Menurut Wahyu, Kementerian BUMN mengelola 115 badan usaha utama, yang merupakan sudah penciutan dari sebelumnya hingga 149 buah. Itu pun saat ini, bila dihitung bersama anak-anak perusahaannya, akan mencapai 700 perusahaan. Kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri yang dimulai sejak 2014 itu bertujuan mengenalkan BUMN kepada masyarakat hingga peran dan fungsinya.

BUMN hadir di segala bidang kehidupan, mulai dari energi, komunikasi, transportasi, sandang, pangan, papan, jelas Wahyu.

Setelah jalan sehat, para pejabat mengikuti kegiatan Bersih Lingkungan di tepi Sungai Klandasan, Kelurahan Gunung Sari Ilir, Kota Balikpapan. Para pejabat ikut mengecat ulang tembok parit sungai.

Menurut Desi Aryani, kegiatan mengecat tembok itu realisasi Program BUMN Peduli Lingkungan dan merupakan bagian dari implementasi Program Cash for Work dengan melibatkan 300 warga setempat. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018