Sidoarjo (Antaranews) - Timnas Indonesia sukses merebut juara Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Thailand melalui drama adu penalti dengan skor 5-4 (1-1) pada pertandingan final di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu malam.
    
Tim Garuda Muda sempat memimpin lebih dulu pada menit ke-32 melalui Fajar Fatchur Rachman setelah meneruskan umpan lambung dari Andre. Dengan sekali sentuhan, bola meluncur ke gawang Thailand dan membawa timnas unggul 1-0 hingga paruh waktu.
    
Thailand bermain lebih menekan pada babak kedua untuk mengejar ketinggalan. Thanarin Thumsen dan kawan-kawan terus menggempur pertahanan Indonesia, tetapi upaya mereka masih bisa dimentahkan anak asuh Fachri Husaini.

Upaya tim Negeri Gajah Putih menyeimbangkan skor baru terwujud pada ke-72, ketika Apidet Jangnam yang tidak terjaga di depan gawang dengan mudah menyontek bola sodoran rekannya. Skor pun berubah 1-1 dan terus bertahan hingga peulit akhir laga berbunyi.
    
Tanpa perpanjangan waktu, pertandingan langsung dilanjutkan adu penalti. Pada babak "tos-tosan" ini, hanya tiga dari lima penendang Thailand yang berhasil menyarangkan bola ke gawang. Sementara dari kubu Garuda Muda, empat wakilnya semua sukses menjalankan tugas dengan sempurna dan sekaligus memastikan gelar juara.

Hasil lengkap adu penalti:
Tim Thailand
1. Thanarin Thumsen (gol)
2. Apidet Jangnam (tidak gol)
3. Anuca Sodri (gol)
4. Kithippong (gol)
5. Pongsakom (tidak gol)

Tim Indonesia
Sutan Digo Zico (gol)
Bagus Kahfi (gol)
Rendy Juliansyah (gol)
David Maulana (gol)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018