Samarinda (Antaranews Kaltim) - Ratusan penumpang dari sejumlah daerah mulai memadati Pelabuhan Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu malam, meskipun Kapal Motor Prince Soya tujuan Pare-Pare, Sulawesi Selatan, dijadwalkan berangkat pada Minggu (10/6) siang.

Pewarta Antara melaporkan, sejumlah penumpang bahkan sudah tiba di Pelabuhan Samarinda sejak Jumat (8/6) atau dua hari sebelum keberangkatan demi mendapatkan tiket dan tempat untuk beristirahat di dalam kapal.

Para penumpang yang datang lebih awal itu berasal dari daerah yang jaraknya cukup jauh dari Samarinda, seperti Kabupaten Kutai Timur dan Kutai Barat.

Rustam (35), seorang penumpang asal Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, menuturkan, ia bersama empat rekannya sudah tiba di Samarinda pada Jumat (8/6) malam setelah menempuh perjalanan darat lebih dari enam jam.

“Kami mau mudik ke Sinjay (Sulsel), kebetulan kapal yang berangkat dari Bontang sudah habis tiketnya, jadi ya terpaksa lewat Samarinda,” kata pria yang bekerja di sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit itu.

Bersama rekan-rekannya, Rustam bersyukur masih bisa mendapatkan tiket kelas ekonomi seharga Rp305.000 dan berharap perjalanannya ke kampung halaman lancar tanpa hambatan.

Sementara itu, ratusan penumpang yang sebagian besar rombongan keluarga juga sudah terlihat sudah memasuki kapal, meskipun suasana di dalam kapal cukup panas. Sejumlah kipas angin yang difungsikan juga tidak mampu mendinginkan kondisi dan memaksa sebagian penumpang laki-laki melepas baju.

“Tidak apa-apa (panas), yang penting sudah dapat tempat untuk istirahat,” kata Imam (27), salah satu penumpang.

KM Prince Soya memiliki kapasitas angkut sekitar 1.900 orang dan selama arus mudik serta balik Lebaran ada toleransi kelebihan penumpang sebanyak 10 persen.

Untuk memaksimalkan kapasitas angkut penumpang, operator KM Prince Soya tidak lagi mengangkut kendaraan bermotor roda empat dan dua, sehingga bagian geladak kapal yang biasa dipakai kendaraan difungsikan untuk tempat penumpang.

“Jadi, penumpang yang sudah masuk kapal hari ini adalah pemegang tiket ekonomi, untuk penumpang dengan tiket kelas baru diizinkan masuk besok (Minggu, 10/6),” kata Lukman, petugas Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Samarinda.

Selain KM Prince Soya, ada dua kapal lagi yang melayani pemudik dengan tujuan Pare-Pare, yakni KM Aditya yang dijadwalkan berangkat pada Selasa (12/6) berkapasitas 900 orang dan KM Pantokrator dengan kapasitas 1.900 orang yang berangkat pada Rabu (13/6).

 

     

Pewarta: -

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018