Samarinda (Antaranews Kaltim) - Kesebelasan Mitra Kukar berambisi memperbaiki rekor laga tandang menjelang berakhirnya putaran pertama kompetisi Liga 1 musim 2018.

Pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges Marin yang dihubungi dari Samarinda, Rabu, mengatakan bahwa tim yang dibawanya jauh lebih siap secara mental, karena baru saja menuai hasil positif di kandang saat menjamu Perseru Serui.

Dari enam kali laga tandang yang dilalui tim berjuluk Naga Mekes itu selama 12 pekan musim ini, hanya satu laga tandang yakni di markas Arema FC, tim asal Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, itu bisa membawa pulang satu poin.

Sedangkan lima laga tandang lainnya berakhir dengan hasil kekalahan. Kekalahan terakhir laga tandang cukup tragis, yakni dibantai tim promosi PSIS Semarang dengan skor 0-4.

Oleh sebab itu, saat berkunjung ke Lamongan, Jawa Timur, skuad Mitra Kukar punya ambisi tinggi dan berharap bisa membawa pulang hasil kemenangan.

Selain itu, lanjut Rafael, penyerang utama sekigus top skor Naga Mekes, Fernando Rodrigues sudah bisa dimainkan saat menghadapi Persela Lamongan. Pada pekan lalu Rodrigues absen akibat akumulasi kartu.

"Saat bermain home dan away terasa sangat berbeda. Kita harus bisa mencuri poin di laga away karena selama ini catatan laga away kita lebih buruk dari home," ujar pelatih berkebangsaan Spanyol itu.

Demi mewujudkan ambisi tersebut, Rafael mengaku wajib memperbaiki mental anak asuhnya di kandang lawan.

Laga away sebelumnya menjadi bukti buruknya mental Danny Guthrie dan kawan-kawan saat bermain tandang.

Mitra Kukar dihajar 4 gol tanpa balas oleh tuan rumah PSIS Semarang. Padahal PSIS menempati posisi dasar klasemen Liga 1 2018.

"Saya harus memperbaiki mental pemain saya untuk laga away. Besok adalah kesempatan bagus menghadapi tim yang hebat. Saya harap Mitra Kukar bisa menunjukkan permainan yang lebih semangat," ungkapnya.

Kendati demikian Rafael respek dengan kekuatan Persela.

Menurutnya, tim asuhan Aji Santoso itu sangat perkasa di kandang sendiri. PS TNI dan Persija Jakarta sudah terlebih dahulu merasakan keangkeran Stadion Surajaya.

"Persela sangat tangguh ketika bermain di kandang, saya menilai laga nanti bakal sulit untuk Mitra Kukar. Tapi saya berusaha agar pemain Mitra Kukar bermain bagus dan konsentrasi. Kalau kita bisa memainkan permainan yang bagus, bukan tidak mungkin kita bisa mndapat hasil yang baik," ungkapnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018