Bontang (Antaranews) - PT Pupuk Kalimantan Timur bersinergi dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan PT Pupuk Indonesia (Persero) menggelar program mudik gratis dengan menyediakan layanan angkutan kapal laut bagi masyarakat yang ingin pulang kampung merayakan Idul Fitri 1439 Hijriah.

Selain sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat, program ini juga sebagai upaya mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan di jalan raya selama masa mudik lebaran tahun 2018.

Selain kapal laut, Pupuk Kaltim juga menyiapkan transportasi bus untuk para pemudik. Dua moda transportasi ini ditujukan bagi masyarakat Bontang, Samarinda dan Balikpapan, khususnya masyarakat di sekitar perusahaan.

Manager CSR Pupuk Kaltim Dwi Pudyasmoro mengatakan bahwa program mudik gratis bersama Pupuk Kaltim merupakan salah satu wujud CSR perusahaan, sekaligus merupakan program yang dicetuskan Kementerian BUMN.

Ia menambahkan, program yang digagas Kementerian BUMN ini ingin memastikan bahwa BUMN hadir untuk pelayanan masyarakat di hari besar keagamaan dan berharap mudik bisa berjalan lancar serta pemudik mendapat kenyamanan berkat sinergi BUMN.

"Pupuk Kaltim memberangkatkan pemudik secara gratis ke Makassar, Barru dan Surabaya. Selain itu, kami juga menyiapkan armada bus dengan tujuan Balikpapan dan Banjarmasin," kata Dwi.

Dalam melaksanakan program ini, lanjut Dwi, Pupuk Kaltim mengalokasikan dana tidak kurang Rp949 juta.

Keberangkatan dilaksanakan secara bertahap mulai 31 Mei hingga 13 Juni 2018 dengan total kuota sebanyak 1.900 tiket kapal laut dan 2.000 tiket bus, terdiri dari 1.500 tiket kapal laut dan 1.320 tiket bus untuk masyarakat Bontang.

Kemudian sebanyak 600 tiket bus untuk masyarakat Samarinda dan 400 tiket kapal laut serta 80 tiket bus untuk masyarakat Balikpapan.

Masyarakat yang tertarik untuk mengikuti program ini dapat melakukan pendaftaran mulai 24 Mei 2018 hingga 12 Juni 2018, dengan mengisi formulir serta membawa fotokopy KTP dan Kartu Keluarga (KK). "Pendaftaran ini gratis dan tidak dipungut biaya," tegas Dwi.

Bagi masyarakat Bontang, pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Kelurahan Guntung, Loktuan, Bontang Kuala, Gunung Elai, Belimbing dan Api-Api.

Sementara bagi masyarakat Samarinda, pendaftaran dibuka di Kantor Perwakilan Pupuk Kaltim di Jalan Kadri Oening Nomor 45, Kelurahan Air Hitam, Samarinda. Sedangkan bagi masyarakat Balikpapan bisa mendaftar di Kantor Perwakilan Pupuk Kaltim di Jalan Pupuk Raya Nomor 54 Balikpapan Selatan. (*)

Jadwal Mudik dengan Transportasi Laut

No.

Tanggal Berangkat

Rute Mudik

Keterangan

1.

31 Mei 2018

Bontang – Barru (Sulsel)

Pendaftaran paling lambat H-5 dari masing-masing jadwal keberangkatan atau saat kuota habis

2.

4 Juni 2018

Bontang – Barru (Sulsel)

3.

7 Juni 2018

Balikpapan – Surabaya

4.

8 Juni 2018

Balikpapan – Makassar

 

Jadwal Mudik dengan Transportasi Darat

No.

Tanggal Berangkat

Rute Mudik

Keterangan

1.

6, 7, 8, 10, 12 dan

13 Juni 2018

Bontang – Balikpapan

Pendaftaran paling lambat H-2 dari masing-masing jadwal keberangkatan atau saat kuota habis

2.

8 dan 10 Juni 2018

Samarinda – Banjarmasin

3.

8 Juni 2018

Samarinda – Balikpapan

4.

8 Juni 2018

Balikpapan – Banjarmasin

Pewarta: -

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018