Samarinda (Antaranews Kaltim) - Sebanyak 30 mahasiswa berprestasi dari Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur, mendapat pelatihan kepemimpinan karena mereka merupakan generasi penerus bangsa yang harus diasah keterampilannya untuk menjadi pemimpin.

"Dari awal kami selalu berkomitmen dalam upaya memajukan kualitas dunia pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia," ujar Kepala Operasional Cabang KCU PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Samarinda Tjiong Cie Ye di Samarinda, Minggu.

Komitmen tersebut di antaranya adalah memberikan pelatihan kepemimpinan bagi mahasiswa Unmul yang berlangsung selama dua hari pada 5-6 Mei 2018.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk membantu para mahasiswa berprestasi mempersiapkan diri lebih baik dalam memasuki dunia kerja yang ke depan semakin kompetitif.

Tjiong mengatakan bahwa BCA mencermati para mahasiswa perlu belajar mengenai kepemimpinan mengingat mahasiswa saat ini yang akan menjadi pemimpin di masa depan.

Pelatihan yang diinisiasi BCA ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan nilai tambah bagi para mahasiswa Unmul, sekaligus untuk membentuk jiwa yang berintegritas untuk menjadi pemimpin yang berkarakter.

Ia melanjutkan, pelatihan ini juga merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa syukur BCA, karena telah hadir di tengah masyarakat Indonesia selama 61 tahun.

Hal ini juga merupakan wujud kepedulian pihaknya untuk generasi muda guna membantu para mahasiswa mengenal dan menggali potensi diri yang dapat dikembangkan, sehingga kelak mampu memberikan kinerja maksimal di dunia kerja.

"Untuk melengkapi materi dan menambah pengetahuan mahasiswa, maka kami menghadirkan Unison sebagai fasilitator dalam pelatihan kepemimpinan," ujarnya.

Selama dua hari, tambahnya, mahasiswa dibekali berbagai cara membangun kapasitas kepemimpinan dalam area pengelolaan diri dan tugas, keterampilan membangun hubungan efektif dalam tim dan mengelola perbedaan dalam tim.

Kemudian untuk mengembangkan kompetensi kepemimpinan modern yang berorientasi pada prinsip dan proses yang benar, menanamkan semangat cinta bangsa dan motivasi diri untuk memberi karya terbaik bersama rekan lainnya tanpa ada sekat perbedaan.

Para mahasiswa penerima beasiswa Bakti BCA ini juga mengikuti mentoring sebagai sarana pengembangan diri melalui sharing dari manajemen BCA, termasuk sarana interaksi antara penerima beasiswa.

"Besar harapan kami, kegiatan ini dapat bermanfaat memberikan wawasan dan pengetahuan lebih luas bagi para mahasiswa, sehingga mereka mampu bersaing karena memiliki SDM profesional, ataupun menjadi wirausaha yang kompeten yang turut menyediakan lapangan kerja," ujarnya. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018