Tana Paser (Antaranews Kaltim) - Tim Verifikasi Lapangan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) menggelar pertemuan dengan kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Gugus tugas Kabupaten layak anak (KLA) di ruang sadurengas, Kantor Bupati Paser, Rabu(25/4).

pertemuan yang dibuka Wakil Bupati Paser Mardikansyah itu, dipaparkan hasil verifikasi  di lapangan oleh tim verifikasi dari KPPPA yang terdiri dari Agus Wiryanto dan Achmad Marzuki.

Menurut Achmad Marzuki, dari pantauan di lapangan yang dia lakukan selama tiga hari, capaian -capaian indikator program dalam rangka menuju kabupaten layak anak sudah cukup bagus.

"Secara umum, capaian-capaian  sudah cukup bagus, misalnya, dari indikator kelembagaan, ternyata sudah ada lembaganya, meskipun lembaganya belum sampai di deadari segi kelembagaan sudah terbentuk, hanya saja kelembagaan belum sampai  ke kecamatan dan desa,"kata Achmad.

Selain indikator kelembagaan, kata dia, indiktor yang lain menuju kabupaten layak anak seperti pemenuhan  hak legalitas anak seperti  pelayan   akta kelahiran anak sudah berjalan bagus.

"Pelayanan akta kelahiran  anak sudah  mencapai 80 persen sudah berjalan,"kata Achmad.

Agus Wiryanto yang juga  anggota tim verifikasi lapangan  menambahkan  keberhasilan menuju kabupaten layak anak sangat ditentukan oleh komitmen kepala daerah.

"Komitmen ini dalam bentuk kebijakan maupun penganggaran,"katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Paser ,Mardikansyah mengatakan pemerintah daerah akan melaksanakan saran maupun rekomendasi yang diberikan Tim Verifikasi.

"Tentu kami akan penuhi saran maupun rekomendasi dari tim verifikasi,"ujar  Mardikansyah(*/kominfo paser)




 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018