Tana Paser (ANTARA Kaltim)-Wakil Bupati  Kabupaten Paser Mardikansyah membuka kegiatan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur  di Kecamatan  Paser Belengkong.

"Saya cukup prihatin  terhadap rendahnya partisipasi pemilih pada Pilkada Kaltim 2013 lalu dimana angka golputcukup tinggi  mencapai 40 persen,"katanya, Senin (9/4).

Mardikansyah mengatakan rendahnya tingkat partisipasi pemilih disebabkan beberapa faktor seperti tingkat kepuasan masyarakat, tidak mengenal calon pemimpinnya, dan tidak memiliki KTP Elektronik yang menjadi syarat utama pemilih.

Belum lagi lagi katanya berita tentang politik uang, mahar politik yang membuat masyarakat apatis atau tidak peduli dengan Pemilu atau Pilkada. Kondisi tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja melainkan perlu ada upaya aktif untuk meningkatkan partisipasi masyarakat yang memiliki hak pilih.

"Oleh karena itu saya menyambut baik sosialisasi ini agar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Pilkada dan pentingnya partisipasi masyarakat," ujar Mardikansyah.

Sementara itu Kasi Politik Dalam Negeri Kesbangpol Paser , Hartono selaku panitia penyelenggara  mengatakan dalam kegiatan  tersebut  pihaknya menghadirkan beberapa narasumber  di antaranya dari KPU, Panwaslu dan Kesbangpol.

"Materi yang disampaikan kepada peserta sosialisasi umumnya yakni tentang pengetahuan pemilihan umum  dan  hak warga negara sebagai pemilih,"Hartono.

Lanjut dia tujuan dari sosialisasi tersebut  agar masyarakat menyadari pentingnya hak suara mereka dalam pemilihan kepala daerah  serta  dapat  meningkatkan partisipasi masyarakat yang memiliki pilih.(*/Kominfo Paser)
 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018