Samarinda (Antaranews Kaltim) - Asosiasi Provinsi PSSI Kalimantan Timur menjadwalkan pelaksanaan kompetisi sepak bola Liga 3 regional Kaltim pada 20 April 2018.

Ketua Asprov PSSI Kaltim Yunus Nusi di Samarinda, Sabtu, menjelaskan bahwa secara nasional pelaksaaan kompetisi amatir atau Liga 3 telah dijadwalkan dan dimulai dari babak kualifikasi di masing-masing daerah.

Ia mengatakan, pelaksanaan kompetisi Liga 3 tengah dipersiapkan secara serius mulai dari teknis dan jadwal pelaksanaanya.

Saat ini sudah ada 21 tim yang mendaftar, namun masih harus diverifikasi lagi kelengkan administrasinya.

"Ada 21 tim yang mendaftar. Kita juga tahu kemampuan kawan-kawan klub terbatas waktu dan keuangan. Jadi, klub peserta ini akan diverifikasi setelah pendaftaran," ujar Yunus saat workshop Liga 3 di Sekretariat KONI Kaltim.

Ada sejumlah tim familiar yang siap bertarung di Liga 3 regional Kaltim, yaitu Harbi Putra, Bontang FC, Perselan Sanga-Sanga, Penajam Utama, hingga PSAD.

Menurut Yunus, nantinya akan ada dua tim yang lolos mewakili Kaltim di Liga 3 nasional, yaitu tim juara dan peringkat kedua.

"Liga 3 banyak berubah dari 65 tim Liga 2, sekarang tinggal 24. Praktis 41 tim terdegradasi ke Liga 3. Ke-41 tim hasil degradasi Liga 2 ini akan bertarung mulai Juli untuk memperebutkan 24 besar dan akan menunggu 32 besar dari hasil kompetisi tingkat regional. Kaltim nanti akan ada dua perwakilan dipilih dari juara dan runner up," tutur Yunus.

Sementara itu terkait teknis kompetisi Liga 3 regional Kaltim, nantinya akan dibagi menjadi tiga grup dengan masing-masing tuan rumah.

"Grup A itu tuan rumahnya antara Samarinda dan Tenggarong, ini masih dalam proses apakah Stadion Palaran Samarinda atau kita pakai Stadion Rondong Demang Tenggarong. Grup B tuan tumahnya Penajam dan Grup C di Bontang," jelas Yunus. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018