Penajam (Antaranews Kaltim) - Kabupaten Penajam Paser Utara dipastikan tidak mengikuti dua lomba yang dipertandingkan pada Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ ke-40 tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang rencanannya digelar di Kabupaten Berau pada 2 hingga 11 Mei 2018.

Ketua II Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Penajam Paser Utara Herlambang, saat ditemui Antara di Penajam, Rabu menyatakan kontingen yang dikirim mengikuti MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2018 absen dua kategori cabang lomba.

"Ada dua kategori dipastikan tidak bisa diikuti kafillah Penajam pada lomba MTQ  tingkat Provinsi Kaltim karena tidak ada perwakilannya, yakni kategori tilawah cacat netra dan hafiz (penghapal Al Quran) 30 juz," ujarnya.

Dengan tidak bisa mengikuti dua kategori lomba tersebut Herlambang mengaku pesimis Kabupaten Penajam Paser Utara bisa meraih juara umum MTQ ke 40.

Dari target sebanyak 290 peserta yang diharapkan mengikuti MTQ ke-14 tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara yang digelar pada 24-29 Maret 2018, hanya diikuti 206 peserta.

"Target 290 peserta yang ikut MTQ ke-14 tingkat kabupaten dianggap memenuhi syarat tetapi hanya diikuti 206 peserta, jadi untuk cabang tilawah cacat netra dan penghapal Al Quran (hafiz) tidak ada peserta," ungkap Herlambang.

Lanjut Herlambang dari tujuh lomba yang akan dipertandingkan pada ajang MTQ ke-40 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, dipastikan Kabupaten Penajam Paser Utara hanya bisa mengukuti lima kategori  lomba.

"Kabupaten Penajam Paser Utara hanya bisa ikut lomba dikategori tafsir Al Quran, faham Al Quran, kath Al Quran dan kaligrafi,"jelas Herlambang.

Kendati pesismis meraih juara umum karena keterbatasan kontingen, namun dia tetap optimistis menargetkan Kabupaten Penajam Paser Utara menempati posisi ketiga terbaik dalan perhelatan MTQ ke-40 tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Semantara pada ajang MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kaltim  yang dilaksanakan pada 13-21 Mei 2017 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Penajam menempati urutan ketujuh.(*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018