Samarinda (Antaranews Kaltim) - Sebanyak 11 orang calon telah mendaftarkan secara resmi sebagai bakal calon wakil wali kota Samarinda ke Partai Nasional Demokrat (Nasdem), selama masa pendaftaran pada 19-21 Maret 2018.

Wakil Ketua Tim Seleksi Bacawawali Samarinda Partai Nasdem, Ismail, mengatakan bahwa sebenarnya ada 14 orang yang mengambil formulir, tetapi hanya 11 calon telah menyerahkan berkas persyaratan kepada panitia sebelum batas waktu pendaftaran Rabu malam pukul 20.00 Wita.

"Drai 11 orang itu, sebanyak empat orang merupakan kader internal Nasdem dan tujuh orang lainnya non-kader. Mereka dari birokrat, mantan pejabat, mantan anggota dewan, dan masyarakat biasa," kata Ismail kepada awak media di sekretariat DPW Partai Nasdem Kaltim, Jalan Gatot Subroto, Samarinda.
Muslimin saat menyerahkan formulir dan berkas perdaftaran bacawawali Samarinda ke sekretariat DPW Partai NasDem Kaltim, Rabu (21/3/2018). (Antaranews Kaltim/Arumanto)

Bahkan, kata Ismail, dari deretan pendaftar juga ada mantan Wakil Bupati Kutai Kartanegara Gufron Yusuf.

"Gufron menyerahkan berkas sekitar pukul 16.00 Wita, beliau menyerahkan sendiri berkas pencalonannya," jelas Ismail.

Ia menambahkan bahwa dengan ditutupnya masa pendaftaran, maka panitia seleksi akan melanjutkan tahapan berikutnya yakni verifikasi administratif.

"Mereka yang telah lolos verifikasi administratif berhak mengikuti tes selanjutnya yakni wawancara, " imbuh Ismail.
Fatimah Asyari saat menyerahkan formulir dan berkas perdaftaran bacawawali Samarinda ke sekretariat DPW Partai NasDem Kaltim, Rabu (21/3/2018). (Antaranews Kaltim/Arumanto)


Tes wawancara akan dilakukan oleh panitia seleksi berjumlah lima orang, dua merupakan perwakilan DPP partai Nasdem, satu orang yakni ketua DPW partai Nasdem dan dua orang lainnya merupakan Rektor Universitas Mulawarwan dan Rektor IAIN Samarinda.

"Pada tes wawancara ini akan menjaring calon hingga urutan lima besar, nantinya peringkat lima besar ini akan dibawa ke Jakarta untuk dikerucutkan menjadi dua besar," tegas Ismail.

Berdasarkan data yang dihimpun dari panitia, sebelas calon yang menyerahkan berkas adalah Hermanto (Asisten 1 Pemkot Samarinda), Mudiyat Noor (mantan anggota DPRD Kaltim), Dayang Donna Faroek (putri Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak), Joha Fajal (Ketua DPD Nasdem Samarinda), Saefuddin Zuhri (Bendahara DPW Nasdem Kaltim), Fatimah Asyari ( Sekretaris DPW Nasdem Kaltim), Zulfakar (mantan Sekretaris Daerah Kota Samarinda dan juga kader Nasdem), Suriansyah (masyarakat), Gufron Yusuf (mantan Wakil Bupati Kukar), Muslimin (Wakil ketua KONI Kaltim), dan Noor Erwani (mantan anggota DPRD Kaltim). (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018