Penajam (Antaranews Kaltim) - Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yusran Aspar berharap setiap desa dipasangi lampu penerangan jalan umum, kendati keuangan pemerintah kabupaten setempat sedang mengalami defisit.

"Saya berharap di setiap desa dapat dipasang lampu PJU (penerangan jalan umum)," kata Yusran Aspar ketika ditemui di Penajam, Kamis.

Menurut Yusran, pemasangan lampu PJU di setiap desa dapat memanfaatkan dana desa yang nilainya cukup besar.

"Dana desa cukup besar dan dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemasangan lampu PJU di setiap desa atau minimal di setiap kecamatan dulu," ujar Yusran Aspar.

Bupati menambahkan, Kabupaten Penajam Paser Utara tahun ini rencananya mendapat bantuan lampu PJU dari pemerintah pusat sebanyak 100 unit, yang merupakan aspirasi salah satu anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Timur-Kalimantan Utara.

Lampu PJU bantuan itu akan di pasang di sepanjang jalan raya di wilayah Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam.

"Wilayah Kelurahan Petung menjadi pusat keramaian masyarakat terutama pada malam hari, sehingga dibutuhkan penerangan jalan yang maksimal," jelasnya.

Dengan adanya bantuan tersebut, tambah Yusran, pemerintah kabupaten dapat melanjutkan program pemasangan lampu PJU.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2018 tidak dapat melanjutkan program pemasangan lampu PJU sebab terjadi krisis keuangan daerah.

Sebelumnya pada 2017 di sepanjang jalan kilometer nol sampai kilometer 8 di wilayah Kecamatan Penajam, lampu PJU telah diganti dari tenaga surya ke tenaga daya listrik. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018