Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Sebanyak 305 atlet dan 126 pelatih dari Provinsi Kalimantan Timur mendapatkan Dana Prestasi (DP) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat atas prestasinya di tingkat nasional dan internasional.

Wakil Ketua II KONI Kaltim, yang membidangi masalah prestasi, Ego Arifin, di Samarinda, Minggu, mengatakan DP itu akan segera direalisasikan  dalam waktu dekat ini, dengan mekanisme seperti tahun sebelumnya yakni melalui pengprov masing-masing.

"Supaya tertib dan prosesnya tidak lama, pembayaran DP tetap melibatkan pengprov, jadi silakan atlet berurusan sama pengurusnya masing-masing," kata Ego Arifin.

Dijelaskan Ego, Dana Prestasi yang dikucurkan 2011 ini diberikan kepada atlet dan pelatih baik senior maupun junior yang telah berprestasi pada tahun 2010 lalu di kejuaraan tingkat nasional maupun internasional.

"Kegiatan ini sebenarnya sudah rutin dilaksanakan pada tiap tahunnya, hanya saja nilainya DP yang diberikan  terus mengalami perubahan disesuaikan dengan penganggaran yang disetujui oleh pemerintah," urai Ego.

Pada tahun 2011 ini, untuk atlet senior medali emas dengan nilai Rp 1juta, perak 800ribu dan perunggu 600ribu, sedangkan untuk junior emas Rp 500ribu, perak 400ribu dan perunggu Rp300 ribu, setiap bulannya.

"Untuk pelatih kita sesuaikan nilai dengan prestasi atletnya yang juga terhitung sampai dengan dua belas bulan," imbuh Ego.

Ego mengatakan DP yang diberikan sebagai bentuk motivasi bagi atlet dan pelatih, agar semakin giat dalam melaksanakan latihan, dan utamanya mengarah pada pencapaian target menuju PON XVIII-2012 di Riau.

"KONI punya program besar untuk PON 2012 yakni bisa mempertahankan prestasi lima besar, pekan lalu telah diumumkan bonus Rp 250 juta sebagai rangsangan, dan saat ini DP kita berikan untuk menunjang kegiatan atlet dan pelatih pada saat latihan," demikian  Ego. (*)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011