Samarinda (Antaranews Kaltim) -  Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur meraih penghargaan tertinggi peringkat pertama dalam penilaian yang dilakukan Komisi Informasi setempat terkait implementasi keterbukaan informasi publik.

"Pengumuman sekaligus pemberian penghargaan ini dilakukan tadi malam. Alhmdulillah dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim yang dinilai sepanjang tahun 2017, kami mendapat nilai terbaik," ujar Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim Ujang Rachmad di Samarinda, Selasa.

Ia melanjutkan bahwa penghargaan tersebut diberikan sehubungan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Pemprov Kaltim pada 2018.

Dalam kaitan ini, Pemprov Kaltim memberikan penghargaan kepada sejumlah OPD di lingkungan Pemprov Kaltim sebagai bentuk apresiasi, motivasi, sekaligus evaluasi kerja dalam melaksanakan tugas dan fungsinya selama tahun 2017.

Penghargaan diberikan untuk memacu OPD yang belum memperoleh penghargaan agar bisa mengejar ketertinggalannya, sedangkan bagi yang telah menerima penghargaan diharapkan dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan pelayanannya.

"Semoga penghargaan ini menjadi awal yang baik di tahun 2018. Kami akan terus memberikan semangat kepada jajaran Disbun Kaltim, termasuk sejumlah Unit Pelaksana Teknis Dinas Perkebunan Kaltim," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa penghargaan tersebut tidak lepas dari wujud konsistensi Dinas Perkebunan dalam memberikan pelayanan dan informasi pembangunan perkebunan di Kaltim kepada khalayak luas.

Dalam kaitan ini, lanjut Rachmad, Disbun Kaltim mengutamakan pelayanan publik yang akuntabel, cepat, tepat, dan menyajikan data yang akurat melalui media website, sehingga siapapun bisa mengakses dengan mudah.

Ia juga mengatakan bahwa target utama Disbun Kaltim tidak sebatas menorehkan prestasi terbaik, namun juga memaksimalkan dan mempermudah layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat, khususnya petani pekebun guna meningkatkan partisipasi publik menuju tata kelola pemerintahan yang akuntabel. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018