Jakarta (ANTARA Kaltim) – Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang kembali meraih penghargaan Leadership Award 2017 dari Kementerian Dalam Negeri, setelah melalui tahapan seleksi . Ada 98  nominator  namun hanya   tujuh  wali kota  yang mendapatkan penghargaan tersebut.

"Mereka yang terpilih dinilai memenuhi kriteria pemimpin terbaik selama menduduki masa jabatan minimal empat tahun, tidak pernah terjerat dan memiliki integritas tinggi terhadap bangsa," kata Kepala Pusat Litbang Otonomi Daerah, Kesatuan, Politik, dan Pemerintahan Umum Kemendagri Syabnikmat Nizam, di Jakarta.

Ia mengatakan mereka peraih Leadership Award ini dianggap sebagai kepala daerah yang berhasil melakukan perubahan positif , responsif dan bervisi tinggi  terhadap  daerah yang dipimpinnya.

Menurutnya, secara sosiologis,  masyarakat tentu ingin mendapat pemimpin yang bekualitas. Pemimpin yang dekat dengan rakyat, pemimpin yang bisa melakukan perubahan positif  bermanfaat bagi masyarakat. 

"Tapi faktanya hampir di semua daerah proses Pilkada belum melahirkan pemimpin yang bisa melakukan perubahan mendasar untuk  mempercepat kemajuan daerah, " katanya. 
Bahkan  lanjut Nizam kecenderungan yang muncul,  Pilkada tidak ada hubungan konstituensi dengan kompetensi kepala daerah terpilih. Landasan itulah yang  menarik untuk ditelaah.

Dikemukakannya harus diketahui kondisi riil kepemimpinan, kelemahan, dan kekuatan kepemimpinan kepala daerah serta mengetahui perbedaan atau perbandingan  antara kepala daerah yang satu dengan yang lain. 

"Berangkat dari itulah, penghargaan Leadership Award diberikan dan juga  sekaligus sebagai pemacu bagi kepala daerah yang belum berkembang," katanya.
Nizam menjelaskan  pemberian penghargaan Leadership Award itu  telah melalui berbagai kajian kepemimpinan kepala daerah.  Ada beberapa aspek yang dikaji, khusunya dalam penyelenggaraan pelayanan publik. 

Aspek-aspek itu antara lain aspek kapabilitas,  akseptabilitas, kompatibilitas, kredibilitas, integritas, rekam jejak, dan inovatif.

"Mereka  yang  menerima  penghargaan  adalah kepala daerah terbaik  dan pantas menerima penghargaan Leadership Award 2017,"ujar  Syabnikmat Nizam.

Sementara itu  Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, mengungkapkan  selama ini merasa bekerja mengalir seperti biasa karena sebagai tanggung jawab atas kebesaran Allah SWT. 

"Kepercayaan warga kepada saya, dipercayakan menjadi wakil wali kota  dua  periode dan  menjadi wali kota  dua  periode," katanya.

Ia  berharap dukungan seluruh pejabat Pemkot Samarinda,  saling bahu membahu, kerja , maksimal melayani masyarakat dan memberikan yang terbaik. Tidak mungkin wali kota  kerja sendiri dan  mengetahui semua tugas  pegawai secara detail.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Samarinda , DPRD Samarinda, tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh agama  serta media massa,” kata Syaharie Jaang.(*)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017