Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 100 sekolah SMA/SMK di Provinsi Kalimantan Timur menerima penyaluran donasi kuota internet sebesar 24 terrabyte dari XL Axiata yang terkumpul melalui program "Gerakan Donasi Kuota".

"Donasi ini disalurkan kepada 100 sekolah setingkat SMA/SMK yang berada di Samarinda, Balikpapan, Bontang, Tenggarong, Sangatta, Panajam Paser Utara, dan Tanah Grogot," ujar Head of Sustainability & Comms Services XL Axiata Anita Avianty di Samarinda, Rabu.

Donasi kuota internet itu diserahkan secara simbolis kepada perwakilan sekolah di Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim dan didampingi kepala dinas setempat Dayang Budiati.

Anita meyakini kuota internet itu akan bermanfaat bagi sekolah dan para siswa. Sedangkan pemilihan sekolah yang mendapat donasi antara lain menitikberatkan pada faktor kebutuhan, prestasi sekolah, dan lokal yang memungkinkan untuk mengakses layanan internet cepat.

Diharapkan donasi ini bisa segera diimplementasikan di setiap sekolah penerima, sehingga bisa mendukung aktivitas belajar mengajar, termasuk untuk persiapan menjelang ujian nasional.

Selain di Kaltim, lanjut Anita, pada periode Desember 2017 ini, XL Axiata juga menyalurkan donasi kuota internet kepada 20 sekolah di Lombok dan 15 sekolah di Kalimantan Barat.

Sekolah di Lombok yang menerima donasi berada di Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur dan Lombok Barat. Sementara sekolah di Kalimantan Barat tepatnya berada di Kota Pontianak.

Sejak diluncurkan pada Agustus 2017, hingga saat ini program Gerakan Donasi Kuota mampu mengumpulkan lebih dari 175 TB dari lebih 8,8 juta pelanggan XL.

Program donasi ini melibatkan partisipasi pelanggan, yaitu dengan mendonasikan kuota paket data yang tidak terpakai secara langsung atau dengan cara membeli paket XL Xtra Combo.

"Setiap ada pelanggan membeli paket XL Xtra Combo, maka XL Axiata akan mengalokasikan sejumlah kuota untuk donasi ini. Jadi, semakin banyak pelanggan yang membeli paket XL Xtra Combo, semakin banyak kuota yang bisa didonasikan," ucapnya.

Dalam setahun ke depan sejak diluncurkan, XL Axiata menargetkan donasi tersalur ke sedikitnya 5.000 sekolah di berbagai daerah, sehingga ada ratusan ribu siswa bisa memperoleh manfaat program ini. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017