Samarinda (ANTARA News - Kaltim) - Polresta Samarinda, Polda Kalimantan Timur, terus meningkatkan pengamanan menjelang pelaksanaan BIO (BanKaltim Indonesia Open) Grandprix Gold Badminton Championships yang akan mulai digelar pada 27 September - 2 Oktober 2011.

"Kami telah mengamankan 13 orang terkait operasi pekat (penyakit masyarakat) yang digelar dalam rangka peningkatan pengamanan menjelang pelaksanaan BIO," ungkap Kasat Bimmas Polresta Samarinda, Komisaris Musrifin Umar, Rabu dinihari.

Operasi pekat yang berlangsung Selasa malam mulai pukul 22.00 hingga 24. 00 WITA di sejumlah titik rawan terjadi kejahatan tersebut berhasil menjaring 11 orang yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta dua anak-anak yang kedapatan masih berkeliaran di Tepian Mahakam.

"Operasi dilakukan di beberapa kawasan yang diangap rawan terjadi gangguan kamtibamas seperti di kawasan Tepian Mahakam, Pasar Pagi dan sejumlah THM (Tempat Hiburan Malam). Mereka yang berhasil dijaring selanjutnya didata dan yang tidak memiliki kartu identitas (KTP) diminta membuat pernyataan selanjutnya setelah diberi pengarahan mereka diperbolehkan pulang. Sementara, kedua anak tersebut langsung diantar ke rumahnya," katanya.

"Operasi malam tadi (Selasa) masih merupakan razia awal dalam rangka Cipta Kondisi menjelang pelaksanaan BIO sehingga bagi mereka yang terjaring masih diberi toleransi. Namun, pada razia berikutnya, warga yang kedapatan tidak membawa kartu identitas (KTP) akan diberi sanksi tipiring (tindak pidana ringan). Operasi serupa akan terus dilakukan minimal tiga kali sepekan," ungkap Musrifin Umar.

Operasi pekat yang digelar tersebut lanjut dia juga akan dilakukan di kawasan dekat pelaksanaan BIO yang di Samarinda Seberang dan Palaran.

"Seluruh Polsekta juga telah diinstruksikan agarmenggelar razia rutin, khususnya Polsekta Palaran yang menjadi pusat penyelenggaraan BIO dan Polsekta Samarinda Seberang," katanya.

"Kamtibmas di Samarinda menjelang BIO harus kondusif sebab kegiatan itu rencananya diikuti 15 negara sehingga warga juga diminta ikut membantu agar pelaksanaannya berlangsung aman, tertib dan lancar," kata Musrifin Umar. (*)

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011