Samarinda (ANTARA Kaltim) - Agenda Festival Mahakam 2017 di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, pada 3-5 November akan menyajikan sesuatu yang baru dan dikemas dalam deretan angka unik untuk mempertahankan eksistensinya di masyarakat.

"Untuk Festival Mahakam ke-17 nanti kami punya sesuatu yang unik, yang dilambangkan dalam sebuah deretan angka istimewa, yakni 1, 5, 10, 50, 100, 500, dan 1000," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda Muhammad Faisal kepada wartawan di Samarinda, Jumat.

Ia menjelaskan, deret angka itu menunjukkan sesuatu yang berhubungan dengan ajang tahunan ini, seperti angka 1 menunjukkan akan ada satu pemecahan rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), kemudian angka 5 adalah jumlah lomba yang diadakan di perairan Sungai Mahakam, dan angka 10 menandakan ada 10 acara budaya di Festival Mahakam 2017.

"Adapun angka 50 adalah jumlah pemain yang akan berpartisipasi dalam Sampe Music Festival, sedangkan angka 100 adalah jumlah grup band yang akan tampil nonstop pada Parade Band Indie & Pub di Tepian Sungai Mahakam selama tiga hari," jelas Faisal.

Adapun untuk angka 500 menjadi simbol jumlah pasangan ibu dan anak yang akan mengikuti Family Art Competition, dan yang terakhir angka 1000 menunjukkan jumlah Hudoq dan pengiringnya yang tampil di acara parade budaya serta melaksanakan upacara adat Hudoq Kawit.

"Untuk satu pemecahan rekor MURI adalah 1.234 anak-anak akan melaksanakan edukasi topping pancake atau belajar bersama membuat topping pancake Pondan. Kegiatan ini dijadwalkan pada 4 November 2017 di Atrium Bigmall Samarinda," tambah Faisal yang sekaligus Ketua Panitia Festival Mahakam.

Ia menambahkan, lima lomba yang digelar di perairan Sungai Mahakam pada 5 November 2017 dengan titik sentral di dermaga depan Kantor Gubernur Jalan Gajah Mada mulai pukul 07.00 Wita, masing-masing lomba renang menyeberangi Sungai Mahakam, lomba perahu tambangan, lomba power boating, lomba perahu dompeng, dan lomba jetski.

Pada waktu yang bersamaan juga digelar parade 1000 Hudoq, parade ragam pencak silat dan kirab drum band dari Taman Samarendah hingga Kantor Gubernur Kaltim.

"Nah, malam harinya di halaman Kantor Gubernur akan ada penampilan 50 seniman yang unjuk kebolehan di Sampe Music Festival. Kami pastikan Festival Mahakam tahun ini lebih meriah dibanding sebelumnya," ujar Faisal.

Masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait agenda Festival Mahakam 2017 dapat menghubungi panitia pelaksana di kantor Dinas Pariwisata Jalan Dahlia No 69 Samarinda atau menghubungi nomor kontak 081350831654 dan 081310033588 (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017