Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Sekitar 250 prajurit dan pegawai negeri sipil di lingkungan Korem 091/Aji Surya Natakesuma di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, khidmat mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 TNI.

"Hingga saat ini, TNI merupakan institusi yang solid dan mendapat kepercayaan masyarakat," ujar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Frenky E Riupassa, saat upacara tersebut di Samarinda, Kamis.

Menurutnya, penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat, karena rakyat merupakan inti dan pusat kekuatan (Centre Of Gravity) dari sistem pertahanan yang dianut di Indonesia.

Panglima menambahkan bahwa TNI adalah alat pertahanan negara. Prestasi dan kinerja optimal TNI yang telah mendapat penilaian positif dari masyarakat selama ini harus senantiasa dipertahankan sehingga semakin menambah kepercayaan rakyat.

Dalam amanatnya, ia juga memberikan penekanan agar semua prajurit terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, apalagi tugas TNI berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya negara.

"Terus junjung tinggi nilai kebangsaan, pegang teguh disiplin keprajuritan, bina solidaritas satuan, selalu hadir di tengah masyarakat, laksanakan semua tugas dengan niat yang baik," ujarnya.

Upacara HUT ke-72 TNI ini digelar di Lapangan Upacara Makorem 091/ASN, Jalan Gajah Mada, Kota Samarinda.

HUT ke-72 TNI tersebut bertemakan "Bersama Rakyat TNI Kuat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Mandiri, Berdaulat, Berkepribadian, Adil dan Makmur".

Inspektur upacara dalam giat ini adalah Kepala Staf Korem 091/ASN Kolonel Inf Frengky E. Riupasa. Sedangkan selaku Komandan Upacara adalah Wadanyonif 611/Awang Long Mayor Inf Muhammad Edy, dan pengucap Sapta Marga adalah Lettu Cpm Andika Dewanto.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017