Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Para lulusan SMK di Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur  mengikuti sertifikasi kompetensi berbasis standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) bidang komunikasi dan informasi yang digelar kementerian komunikasi dan Informatika.

Kepala BBPKI Medan, Irbar Samekto mengatakan, sertifikasi kompetensi berbasis SKKNI bidang Kominfo bertujuan untuk  mendapatkan sertifikat keahlian bidang teknologi dan informasi dan komunikasi (TIK).

"Mereka harus mendapatkan sertifikat keahlian sebelum terjun ke dunia kerja,"kata Irbar Samekto, di Tanah Grogot, Selasa,di Tanah Grogot.

Ia mengatakan para peserta yang mengikuti bimbingan teknis bidang TIK akan memperoleh sertifikat keahlian setelah mendapatkan bimbingan dan berlanjut dengan uji kompetensi berupa uji praktek dan observasi demonstrasi yang dilaksanakan oleh tim assesor.

Pada saat bersamaan Kemenkominfo juga menggelar Bimtek Literasi bagi kaum perempuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman bagi kaum perempuan dalam memanfaatkan internet  secara sehat dan aman.

Adapun peserta  bimtek literasi TIK  kaum perempuan berasal dari ibu-ibu PKK, ibu-ibu majelis talim dan  ibu-ibu kader kelurahan. Para peserta diberikan  penjelasan  mengenai internet sehat, media sosial, cara membuat email, mencari informasi di internet dan komunikasi menggunakan internet.

"Selain itu juga dilaksanakan workshop kepada ASN  yakni  Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, pesertanya  terdiri dari pejabat eselon III dan eselon IV dari OPD yang ada di Kabupaten Paser," kata Irbar Samekto

Sementara itu kegiatan sertifikasi yang diikuti 70 peserta itu dibuka oleh Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi dan dihadiri Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Hukum, Henry Subiakto, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPKI) Medan Irbar Samekto.

Hadir pula  Sekda Paser Aji Sayid Fathur Rahman, serta Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Paser Adi Maulana. (*)




Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017