Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Dinas Pangan dan Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Timur siap mengikuti lomba cipta makanan beragam, bergizi seimbang dan aman di Pontianak, Kalimantan Barat, pada pertengahan Oktober 2017.

"Lomba ini akan diwakili oleh Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dari kabupeten/kota. Makanya saat ini kami menggelar cipta B2SA Tingkat Kaltim," ujar Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kaltim, Ibrahim di Samarinda, Kamis.

Hal itu dikatakan Ibrahim saat pembukaan lomba cipta makanan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) tingkat Provinsi Kaltim di halaman kantornya. Lomba ini diikuti TP PKK dari kabupaten/kota se-Kaltim.

Siapapun yang akan menjadi juara pertama dalam lomba Tingkat Kaltim ini, katanya, maka PKK tersebut yang akan mewakili Provinsi Kaltim di tingkat nasional yang penyelenggaraannya telah dipercayakan kepada Pemprov Kalbar sebagai tuan rumah.

"Jadi sekarang PKK dari kabupaten/kota bersaing menyuguhkan makanan terbaik untuk mewakili Kaltim pada lomba serupa tingkat nasional yang akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Pangan se-Dunia, di Pontianak," katanya.

Selain untuk mencari yang terbaik guna menjadi wakil dalam lomba tingkat nasional, kegiatan ini juga memiliki sasaran dalam menyosialisasikan pentingnya mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman dikonsumsi.

Lomba ini diperuntukan agar keluarga mampu menyusun menu melalui pendekatan B2SA sehingga anggota keluarga tidak bosan makan di rumah karena kepiawaian seorang ibu dalam mencipta makanan dengan gizi yang seimbang.

Ia juga berharap tiap keluarga memiliki kedisiplinan dalam menyusun menu dan jadwal makanan setiap hari, misalnya anak-anak harus disiapkan sarapan pagi dengan menu yang bergizi seimbang.

Menurut dia, anak-anak penting mendapat asupan makanan yang nyaman dengan gizi seimbang karena anak-anak sepanjang hari selalu aktif, berkreasi dan di siang hari selalu banyak yang dilakukan sehingga perlu gizi yang cukup sebagai sumber energi.

Dalam lomba cipta makanan B2SA ini juga dirangkai dengan lomba pengolahan panganan berbahan baku singkong dengan peserta PKK tingkat kecamatan se-Kota Samarinda.

Kegiatan ini juga menghadirkan petani mitra untuk hadir berjualan produksi hasil pertaniannya mulai dari buah durian, mangga, hingga aneka produk pertanian lain. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017