Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi mendukung Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Rusmadi ikut meramaikan bursa penjaringan bakal calon gubernur yang diselenggarakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk Pemilihan Kepala Daerah Kaltim 2018.

Sekretaris DPD Ikatan Paguyuban Keluarga Tana Jawi (Ikapakarti) Provinsi Kaltim Sudarno bersama sejumlah pengurus mendatangi sekretariat DPD PDI Perjuangan Kaltim di Samarinda, Selasa, untuk mengambil formulir pendaftaran bacagub.

Menurut Sudarno, pengambilan formulir tersebut atas aspirasi anggota paguyuban hingga tingkat bawah yang menghendaki Rusmadi selaku Ketua Ikapakarti Kaltim ikut maju sebagai cagub.

"Formulir ini akan segera kami sampaikan kepada Pak Rusmadi dan mudah-mudahan beliau juga setuju, sehingga berkas formulir bisa segera kita kembalikan ke PDIP sebagai tanda pendaftaran resmi," jelasnya.

Tidak menutup kemungkinan, pihaknya akan melakukan hal yang sama di beberapa partai politik lain, mengingat PDIP Kaltim hanya mempunyai 10 kursi di DPRD Kaltim dan masih membutuhkan tambahan kursi untuk bisa mengusung calon di pilkada.

"Bisa jadi kami juga akan mendaftarkan ke partai lainnya, seperti PKB, Nasdem dan PPP yang mempunyai visi sama untuk calon gubernur di pilkada mendatang," tegas Sudarno.

Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Bacagub DPD PDIP Kaltim Sevana Podung mengatakan, rencananya masih ada beberapa kandidat yang mendaftar dan mengembalikan formulir bacagub/bacawagub Kaltim.

Ia mengatakan, kandidat yang akan mengambil formulir pendaftaran pada hari Rabu (7/6) adalah Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

"Besok Pak Rizal yang mau ambil pendaftaran. Kemarin timnya yang menghubungi saya," ujar Podung.

Selain Rusmadi, hari ini ada kader senior PDIP yang juga mengembalikan formulir pendaftaran bacagub ke sekretariat penjaringan.

Mantan Bupati Kutai Timur Isran Noor kabarnya juga akan mengembalikan formulir pendaftaran bacagub Kaltim pada Kamis (8/6).

Secara keseluruhan, hingga kini sudah ada 13 nama yang telah mengambil dan sebagian mengembalikan formulir bacagub di PDIP Kaltim, antara lain Awang Ferdi, Yusran Aspar, Syaharie Jaang, Isran Noor, Rusmadi, Emir Moeis, Rita Widyasari, dan Zuhdi Yahya.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017