Jakarta (ANTARA News) - Kompetisi Liga Champions musim 2017 telah berakhir dengan penobatan Real Madrid sebagai juara.

Berdasarkan statistik UEFA, 380 gol tercipta dari total 125 pertandingan Liga Champions 2017.

Real Madrid menjadi tim tersubur dengan menorehkan 36 gol disusul Borussia Dortmund (28 gol), Bayern Muenchen (27 gol), Barcelona (26 gol) dan runner-up Juventus dengan 22 gol.

Para pengamat teknis UEFA yang meliputi pesepakbola dan pelatih, yaitu Ryan Giggs, Sir Alex Ferguson, Fabio Capello and Ioan Lupescu, memilih 10 gol terbaik yang tercipta di kompetisi antar klub elit di Benua Biru itu.

Sepakan akrobatik penyerang Juventus, Mario Mandzukic, berada di peringkat satu dalam daftar 10 gol terbaik itu.

Gol Mandzukic bermula dari umpan panjang pemain bertahan Bonucci ke bek sayap Alex Sandro, yang langsung mengirimkan bola ke dalam kotak penalti Real Madrid.

Bola itu diterima oleh Gonzalo Higuain yang berdiri di mulut gawang Real Madrid, dan kemudian langsung mengopernya kepada Mandzukic yang berdiri tanpa kawalan.

Mandzukic, yang merupakan penyerang Timnas Kroasia, menahan bola dengan dadanya lalu melepaskan tendangan salto sambil membelakangi gawang Real Madrid.

Gol terbaik kedua datang dari kaki gelandang Real Madrid, Casemiro, yang menjebol gawang Napoli menggunakan tendangan voli pada leg pertama putaran 16 besar.

Berikut 10 gol terbaik Liga Champions dilansir dari UEFA:

1 Mario Mandzukic (Juventus 1-4 Real Madrid)

Tendangan akrobatik Mandzukic tercipta pada babak pertama pertandingan Liga Champions 2017 pada 3 Juni 2017.

2 Casemiro (Real Madrid 3-1 Napoli)

Gelandang asal Brasil ini menjebol gawang Napoli menggunakan tendangan voli yang dilepaskan dari luar kotak penalti pada leg pertama 16 besar pada 15 Februari 2017.

3 Thomas Delaney (Kobenhavn 4-0 Club Brugge)

Thomas Delaney masuk dalam daftar pencetak gol terbaik berkat tendangan voli keras yang mengantarkan bola meluncur ke sudut atas gawang Brugge pada fase penyisihan grup pada 27 September 2016.

4 Arjen Robben (Bayern 5-1 Arsenal)

Penyerang sayap Belanda ini menjebol gawang Arsenal menggunakan tendangan melengkung pada leg pertama 16 besar di Jerman pada 15 Februari 2017.

5 Gonzalo Higuaín (Monaco 0-2 Juventus)

Gol pertama dari dua gol yang dicetak Higuaín ke gawang Monaco menjadi yang terbaik karena penyerang Argentina itu menunjukkan keahlian dan ketenangan di hadapan lawan pada leg pertama semifinal pada 3 Mei 2017.

6 Mesut Ozil (Ludogorets 2-3 Arsenal)

Mesut Ozil memperagakan aksi individual dengan menggocek sejumlah pemain bertahan lawan kemudian menaklukkan kiper Ludogorets pada babak penyisihan grup pada 1 November 2016.

7 Antoine Griezmann (Atlético 2-1 Rostov)

Gol cantik lainnya juga datang dari fase grup, saat Griezmann menunjukkan insting mencetak golnya dengan menyontek bola dengan membalikkan badan di dalam kotek penalti Rostov.

8 Dani Alves (Juventus 2-1 Monaco)

Tendangan voli Dani Alves dari luar kotak penalti pada leg kedua semifinal pada 9 Mei 2017.

9 Cristiano Ronaldo (Real Madrid 2-1 Sporting CP)

Tendangan bebas Ronaldo yang menentukan kemenangan Real Madrid di babak penyisihan grup pada 14 September 2016.

10 Alexis Sánchez (Arsenal 6-0 Ludogorets)

Penyerang Timnas Chile ini mencetak gol cantik menggunakan tendangan chip yang tidak mampu digapai kiper Ludogorets pada babak penyisihan grup pada 19 Oktober 2016.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017