Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Komandan Kodim 0904 Tanah Grogot Kabupaten Paser Letkol Arm Mulyadi mengajak para guru di daerah itu untuk mengikuti peraturan militer dasar terkait penyelenggaraan upacara.

"Kodim mengajak para guru ikut peraturan militer dasar dalam penyelenggaraan upacara," kata Mulyadi usai peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Kantor Bupati Paser, Selasa.

Dalam mengikuti upacara peringatan Hardiknas di halaman Kantor Bupati Paser itu menurut Mulyadi, pada umumnya para siswa belum mampu mengikuti upacara dengan baik.

"Siswa masih belum mampu mengikuti tata cara baris-berbaris yang baik. Masih belum pas dan masih ada yang salah. Peserta upacaranya masih banyak yang gerak, kipas-kipas, dan melakukan hal lain," terang Mulyadi.

Pelatihan dan pembinaan upacara kepada guru kata Mulyadi, akan dilakukan pada 17 Mei 2017.

"Setiap tanggal 17, digelar upacara peringatan kemerdekaan. Pada upacara 17 Mei 2017, sekalian Kodim akan memberikan pelatihan dan pembinaan upacara kepada para guru," ucap Mulyadi.

Setiap sekolah lanjut Mulyadi, diharapkan dapat mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti pelatihan upacara itu.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Kepala Dinas Pendidikan Paser, agar membuat surat ke sekolah untuk mengirim satu orang guru ataupun pembina yang akan ikut upacara di Kodim," jelas Mulyadi.

Dalam pelatihan itu tambahnya, akan diajarkan tata cara upacara yang baik seperti penghormatan, sikap sempurna, istirahat, menyusun pasukan, aba-aba dan sebagainya.

"Tujuannya, untuk menyeragamkan para peserta upacara, khususnya para siswa. Makanya kami harap para guru dapat mengikuti pelatihan upacara itu," tutur Mulyadi.

Ia mengaku memaklumi, jika masih ada siswa yang belum bisa mengikuti upacara karena teriknya matahari pada peringatan Hardiknas tersebut.

"Setidaknya, kami memberikan arahan kepada bapak dan ibu guru, agar murid dapat belajar disiplin, tahan uji mental dan panas. Mungkin untuk siswa SD bisa dimaklumi tetapi diharap siswa SMP dan SMA sudah bisa belajar bersikap sempurna dalam upacara," jelas Mulyadi.

Kerapihan dalam berbaris dan mengikuti upacara menurut Mulyadi, dapat melatih siswa bersikap disiplin dalam menjalani tugas.(*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017