Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak empat kepala daerah di Provinsi Kalimantan Timur mendapat penghargaan dari gubernur setempat atas perhatian dan jasa mereka terhadap pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), sehingga sekolah yang dibina juga mendapat prestasi.

"Selamat kepada bupati dan wali kota yang mendapat penghargaan karena selama ini memang berkomitmen membina dan mengembangkan UKS di sekolah-sekolah," ujar Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, setelah menyerahkan penghargaan dalam rangkaian Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Samarinda, Selasa.

Empat kepala daerah yang mendapat penghargan dari Gubernur Kaltim itu adalah Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, atas keberhasilannya dalam membina dan mengembangkan UKS di SMAN 1 Kota Bangun, sehingga sekolah ini menjadi juara pertama Lomba Sekolah Sehat tingkat Kaltim.

Kemudian Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, atas keberhasilannya dalam membina dan mengembangkan UKS di SMPN 10 Samarinda sehingga sekolah ini mendapat juara 1 Lomba Sekolah Sehat jenjang SMP di tingkat Provinsi Kaltim.

Penghargaan juga diberikan kepada Wali Kota Balikpapan M Rizal Effendi, atas keberhasilannya dalam membina dan mengembangkan UKS di TK Nasional KPS Balikpapan, sehingga sekolah tersebut menjadi juara pertama dalam lomba sekolah sehat.

Kepala daerah keempat yang mendapat penghargaan adalah Wali Kota Bontang Neni Moernaeni, atas keberhasilannya dalam membina dan mengembangkan UKS di SD 2 YPK Bontang sehingga sekolah ini memperoleh juara 1 Lomba Sekolah Sehat jenjang SD tingkat Kaltim.

Penghargaan selain diberikan kepada bupati dan wali kota juga diberikan kepada camat dan Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), karena berkat pembinaan dan dorongan mereka sehingga empat sekolah mulai jenjang TK hingga SMA tersebut berhasil mendapat juara Lomba Sekolah Sehat.

Seperti penghargaan untuk Camat Kota Bangun dan Puskesmas Kota Bangun yang membina SMAN 1, Camat Sungai Kunjang dan Puskesmas Karang Asam yang membina SMPN 10, Camat Balikpapan Kota dan Puskesmas Prapatan yang membina TK Nasional KPS, dan Camat Bontang Barat serta Puskesmas Bontang Barat karena berhasil membina SD 2 YPK.

"Para bupati dan wali kota, camat, dan Puskesmas, hendakanya terus melakukan pembinaan kepada semua sekolah di wilayahnya masing-masing, sehingga ke depan semua sekolah di Provinsi Kaltim bisa bersih dan sehat. Sekolah lainnya juga harus terus bersaing meningkatkan kebersihan dan kesehatannya," kata gubernur. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017