Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebuah kapal yang berlayar dari Pelabuhan Tolitoli, Sulawesi Tengah menuju Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, dilaporkan hilang kontak sejak Kamis (30/3).

Kepala Kantor SAR Balikpapan Mujiono dihubungi dari Samarinda Selasa membenarkan informasi hilang kontaknya KM Safina yang berlayar dari Tolitoli, Sulawesi tengah menuju Pesisir Selatan Berau, Kalimantan Timur, sejak Kamis (30/3).

"Kami mendapat informasi tadi pagi sekitar pukul 08. 00 WITA dari Kepala Pos Polisi Balikukup Bripka Yusuf bahwa sebuah kapal yang berlayar dari Tolitoli, sampai saat ini kehilangan kontak dan belum diketahui posisinya," kata Mujiono.

Kapal tersebut, kata Mujiono diperkirakan mengangkut 10 orang termasuk kru KM Safina.

Kapal tersebut, lanjut ia diperkirakan hilang kontak di sekitar perairan Selat Makassar yang berada pada wilayah perairan laut Sulawesi.

Basarnas Balikpapan, tambah Mujiono telah berkoordinasi dengan Basarnas Makassar, terkait hilang kontaknya kapal yang berlayar dari Tolitoli menuju Kabupaten Berau tersebut.

"Kami juga telah menghubungi agen kapal di Tolitoli dan mereka telah memberangkatkan dua kapal untuk mengecek keberadaan KM Safina tersebut," terangnya.

"Kami juga telah menghubungi pihak-pihak terkait di antaranya, Polairud, TNI Angkatan laut serta perusahaan pelayaran yang melintas di kawasan perairan Selat Makassar agar mengevakuasi jika mengetahui atau melihat keberadaan kapal tersebut," jelas Mujiono.

Pihak Basarnas Balikpapan, kata Mujiono juga masih menunggu informasi dari kedua kapal milik agen yang melakukan pencarian KM Safina tersebut.

"Langkah awal telah kami lakukan melalui koordinasi dengan pihak terkait termasuk Pelni dan KSOP namun kami belum melakukan pencarian sebab masih menunggu informasi dari dua kapal milik agen yang melakukan pencarian. Jika koordinatnya sudah bisa ditemukan dan dipastikan, maka kami baru bisa bergerak untuk membantu melakukan pencarian," tuturnya."Jadi, kami belum bisa memastikan apakah kapal itu mengalami kerusakan mesin atau terdampar sebab masih menunggu informasi dari agen kapal tersebut di Tolitoli. Yang jelas, sampai saat ini baik penumpang maupun kru KM Safina, belum bisa dihubungi dan belum sampai di Berau," kata Mujiono. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017