Samarinda (ANTARA Kaltim) -  DPW Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mulai membuka pendaftaran menyiapkan sejumlah calon anggota legislatif berkualitas yang akan diusung sebagai calon anggota DPR RI, DPRD provinsi dan kab/kota untuk daerah pemilihan Kalimantan Timur menyongsong pemilu 2019.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Nasdem Kaltim, Bambang Susilo di Samarinda, Minggu, mengatakan, DPW Nasdem Kaltim telah membuka pendaftaran secara terbuka kepada seluruh lapisan masyarakat yang ingin berkiprah di parlemen dengan mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif melalui partainya.

"Pendaftaran caleg dibuka mulai 17 Februari-15 Maret, untuk calon anggota DPR RI dan DPRD provinsi pendaftaran di kantor DPW Nasdem jalan Gatot Subroto Samarinda, dan untuk caleg DPR kab/kota melakukan pendaftaran di sekretariat DPD kab/kota masing-masing," jelasnya.

Menurut mantan anggota DPD RI ini, start pemilu legislatif lebih awal ini merupakan bagian dari strategi yang dikumandangkan oleh partai secara nasional.

Sasarannya, tentunya ingin memenangi pemilu legislatif secara nasional, dan juga dibarengi dengan sukses para calon anggota legislatif partai nasdem dalam menduduki kursi parlemen di segala jenjang baik DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kab/kota.

Secara otomatis,lanjut Bambang, target sukses Pemilu 2019 juga menjadi tangung jawab semua kepengurusan di daerah, terlebih DPW partai nasdem Kaltim punya misi untuk meloloskan calon anggota parlemen dengan target perolehan suara diatas 100 persen atau lebih dari satu kursi untuk DPR RI, dan 12 kursi untuk DPRD Kaltim serta minimal satu fraksi untuk di DPRD Kab/kota.

"Kami di daerah di bawah kendali ketua DPW Nasdem Kaltim Harbiansyah Hanafiah yang memegang komando pemenangan partai, terus melakukan konsolidasi hingga tingkat lapisan masyarakat yang paling bawah, saat ini kami sudah punya struktur kepengurusan hingga tingkat ranting di seluruh wilayah Kaltim dan telah siap dalam menatap pemilu legislatif 2019,"jelasnya

Ia menambahkan, semua calon pendaftar harus melengkapi semua berkas administratif baik umum dan khusus yang disyaratkan oleh partai, namun ditegaskannya bahwa selama proses rekruitmen calon anggota legislatif ini akan dilakukan tanpa mahar atau uang pelicin.

"Ini sudah menjadi aturan dari Partai, dan bagi yang menerima mahar akan diberi sanksi, termasuk bagi mereka yang memberikan mahar juga akan dicoret dari pencalegan," imbuhnya

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, setelah usainya masa pendaftaran maka seluruh calon yang mendaftar akan disurvei secara ketat dan dipertimbangkan dari berbagai aspek.

"Penetapan calon akan dilakukan pada Januari 2018 setelah mempelajari hasil survei dengan segala catatannya," jelasnya.

pada saat proses pendaftaran para calon anggota legislatif tersebut harus siap untuk bersosialisasi dengan masyarakat, karena para caleg tersebut akan diberikan ruang untuk turun langsung dengan para konstituennya.

"Partai juga sudah menetapkan tidak ada skala prioritas bagi para kader yang saat ini sedang berkuasa, " tegasnya.

Mereka pun wajib mendaftar, mengikuti seleksi seperti biasa. Termasuk akan disurvei dari awal untuk mengikuti proses yang ada.

Menurut Bambang, NasDem perlu belajar banyak dari kebiasaan partai politik selama ini. Proses rekruitmen sejak awal dilakukan NasDem untuk memangkas berbagai anggapan bahwa caleg partai politik ini hanya diperuntukkan bagi kader partai.

"Ternyata masih ada banyak orang di luar sana yang memiliki elektabilitas, popularitas, kemampuan intelektual dan berkualitas, namun tidak punya kesempatan yang nyata untuk berkiprah di politik, dan sekarang jawabannya ada di Partai Nasdem," tegasnya.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017