Penajam (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tidak menyediakan anggaran untuk perayaan hari ulang tahun atau HUT ke-15 kabupaten pada APBD 2017.

"Kami berharap perayaan HUT kabupaten dapat berjalan meriah, kendati tidak mendapatkan dana khusus dari APBD 2017," kata Kepala Bagian Pemerintah Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Sardi ketika dihubungi di Penajam, Minggu.

Pantia pelaksana HUT ke-15 Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut dia, dalam menjalankan rangkaian kegiatan perayaan HUT tersebut menggunakan dana partisipasi dari seluruh elemen masyarakat dan instansi.

Salah satu kegiatan menyambut HUT Kabupaten Penajam Paser Utara itu, akan memperindah wajah kabupaten dengan melakukan pengecatan trotoar dan median jalan di sepanjang jalan poros dari wilayah Penajam hingga Petung.

"Kami akan berikan surat edaran kepeda seluruh SKPD (satuan kerja perangkat daerah) dan toko bangunan untuk berkontribusi membantu cat minyak untuk mengecat trotoar itu," ungkap Sardi.

Pantia pelaksana HUT ke-15 juga akan mengundang seluruh pegawai, TNI, Polri, Ormas, Pramuka, SMA/SMK di wilayah setempat untuk bersama-sama melakukan pengecatan trotoar dan median jalan secara massal.

Selain itu panitia hari ulang tahun atau HUT Kabupaten Penajam Paser Utara menurut Sardi, untuk pameran kegiatan puncak HUT masih dikonsep, namun untuk kegiatan rutin setiap tahun, seperti upacara, donor darah dan jalan sehat sudah dipersiapkan oleh panitia.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah membuat rencana rangkaian kegiatan HUT, di antaranya gotong-royong serentak pada Jumat Bersih.

"Kegiatan itu telah diinstruksikan melalui surat edaran Sekretaris Kabupaten ke seluruh SKPD hingga tingkat kelurahan, desa dan RT," ucap Sardi.

Sardi menjelaskan kegiatan perayaan HUT kabupaten di tingkat kecamatan diserahkan kepada masing-masing pemerintah kecamatan, mulai dari pemasangan umbul-umbul dan hiasan setiap kecamatan hingga penyelenggaraan kegiatan yang memeriahkan HUT kabupaten tersebut.

Selain itu kegiatan yang dilaksanakan di tingkat kabupaten, pelaksanaannya dilakukan di SKPD yang sifatnya memeriahkan perayaan HUT kabupaten tersebut.

"Kegiatan itu sifatnya kreatif, seperti donor darah dan jalan santai sehingga walaupun kegiatannya sederhana, tetapi tetap meriah," tambah Sardi.

Sedangkan acara pokok yang akan dilaksanakan pada peringatan hari jadi kabupaten pada 11 Maret 2017, antara lain upacara gabungan di halaman kantor Bupati, kemudian menggelar Paripurna Istimewa DPRD di gedung Paripurna DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017