Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Layar Indonesia (Porlasi) Kalimantan Timur akan menggelar kejuaraan layar nasional di Kampung Tanjung Batu, Kabupaten Berau.

Menurut Ketua Porlasi Kaltim Teddy Abay dihubungi dari Samarinda, Selasa, ajang kejuaraan tersebut dijadwalkan terlaksana antara bulan April - September 2017.

"Kami sudah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten, dan tinggal mengkomunikasikan dengan PB di Jakarta," jelas Teddy.

Ia mengatakan tujuan dari perhelatan nasional itu bukan hanya untuk sasaran pembinaan olahraga layar di Kalimantan Timur semata, namun juga bisa mengenalkan sektor pariwisata kelautan yang dimiliki oleh Pemkab Berau.

"Kita tahu bahwa Berau punya sejumlah wisata pantai yang sangat menarik, dan saat ini kurang tersosialisasikan, kami berharap melalui even olahraga ini bisa lebih memuaskan wawasan orang akan wisata yang ada di Berau,"jelasnya.

Untuk sementara lanjut Teddy telah disiapkan agenda kejuaraan tersebut di tingkat nasional, dan bila sukses akan terus ditingkatkan menjadi kejuaraan internasional.

"Jika berhasil, Internasional Sailing Of The Future akan menjadikan agenda ini sebagai kalender tahunan," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa poin yang paling diharapkan melalui kejuaraan tersebut bisa memotivasi atlet lokal untuk terus giat dalam menjalani program latihan.

"Ini bagian dari program pembinaan atlet junior maupun senior yang nantinya akan dipersiapkan pada PON XX/2020 Papua," katanya.

Ia berharap prestasi layar Kaltim bisa terus eksis pada perhelatan pon empat tahun kedepan, dengan target bisa kembali mempertahankan empat medali emas.

"Kami berharap bermunculan atlet-atlet potensial yang nantinya bisa menjadi kekuatan baru untuk skuad Kaltim dalam berbagai ajang," tegasnya. (*

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017