Tana Grogot (ANTARA Kaltim) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0904 Tanah Grogot, Kabupaten Paser mencanangkan Desa Bersih Narkoba sebagai upaya mencegah peredaran barang haram tersebut khususnya di kalangan anak di bawah umur.

Pencanangan Desa Bersih Narkoba tersebut dilaksanakan Komandan Kodim 0904 Tanag Grogot Letkol Mulyadi, di Desa Damit Kecamatan Paser Belengkong, Selasa.

"Komitmen pembentukan Desa Bersih Narkoba dilatarbelakangi adanya peredaran narkoba yang saat ini sudah menyasar ke seluruh kalangan, termasuk anak di bawah umur," Mulyadi.

Peredaran narkoba kata Mulyadi, saat ini sudah menyasar anak-anak umur lima sampai 10 tahun sehingga perlu peran semua pihak untuk dapat membentengi generasi muda dari pengaruh buruk narkoba.

"Diperlukan peran aktif semua pihak untuk menjaga anak-anak dari peredaran narkoba yang begitu masif," ujar Mulyadi.

Negara lanjut Mulyadi, tidak bisa sepenuhnya menjamin anak-anak tidak terpapar narkoba, selama semua pihak tidak mengingatkan dampak negatif dari narkoba.

"Oleh Karena itu kita harus selalu mengingatkan dampak narkoba dan kita harus terus mewaspadai dan memeranginya," ucap Mulyadi.

Ia berharap, peran serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memerangi narkoba, agar tidak semakin meluas.

Bahkan lanjut Mulyadi, perang terhadap narkoba harus terus dilakakkan untuk memberantas peredaran barang haram tersebut hingga ke akar-akarnya.

Pembentukan Desa Bersih Narkoba itu menurut Mulyadi, sebagai upaya membentengi masyarakat khususnya kalangan anak-anak yang merupakan generasi muda penerus bangsa agar terbebas dari pengaruh buruk narkoba.

Pencanangan Desa Bebas Narkoba tersebut ditandai pemukulan gong oleh Komandan Kodim 0904 Tanah Grogot, dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Anti Narkoba yang diikuti bersama forum pimpinan kecamatan.

Pencanangan Desa Bersih Narkoba tersebut juga dihadiri Forum Pimpinan Kecamatan (FPK) yakni, Camat Paser Belengkong Ibnu Mansyah, Kapolsek Pasir Belengkong Ajun Komisaris Polisi Tasimun serta Kepala Desa Damit Ali Maulana.

Pewarta: R. Wartono

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016