Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 265 orang calon kepala desa di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, mendeklarasikan komitmen damai saat pelaksanaan pemilihan kepala desa yang digelar serentak pada 7 Desember 2016.

"Deklarasi pilkades damai dilaksanakan di masing masing kecamatan," kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Paser, Jarkawi di Tanah Grogot, Kamis.

Pada acara deklarasi itu, seluruh calon kepala desa menandatangani kesepakatan bersama yang disaksikan unsur pimpinan kecamatan, yakni camat, kepala polsek dan komandan Koramil.

Menurut Jarkawi, deklarasi pilkades damai memang tidak masuk dalam agenda panitia pemilihan, tetapi inisiatif dari kepolisian.

"Deklarasi merupakan inisiatif Polres Paser, dalam hal ini polsek-polsek untuk berkomitmen menciptakan situasi kondusif menjelang hingga selesainya pilkades," ujarnya.

Pada tahun ini, ada 70 desa di Kabupaten Paser yang akan menggelar pilkades serentak pada 7 Desember 2016.

"Pada tanggal 30 November hingga 5 Desember, calon kades sudah bisa berkampanye di desanya masing-masing," imbuh Jarkawi.

Dihubungi terpisah, Kapolres Paser Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hendra Kurniawan menyatakan telah menginstruksikan seluruh kapolsek untuk berinisiatif menyelenggarakan deklarasi pilkades damai di wilayah masing-masing.

"Tujuannya menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pilkades hingga selesai pemilihan," katanya.

Dengan deklarasi ini, tambah Kapolres, seluruh calon kades yang akan berkompetisi harus siap menjaga situasi aman dan kondusif serta menerima apapun hasil pilkades nanti. (*)
 

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016